Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Find N3 Sudah Dapat Sertifikasi Postel dan TKDN Indonesia

Kompas.com - 28/07/2023, 11:34 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Smartphone lipat Oppo berikutnya tampaknya akan diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat. 

Hal ini mencuat lantaran ponsel dengan model "Oppo CPH2499" sudah lolos sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Perangkat tersebut kabarnya adalah ponsel lipat terbaru Oppo Find N3 yang saat ini belum diperkenalkan secara resmi oleh Oppo.

Dalam laman sertifikat TKDN dengan nomor 5169/SJ-IND.8/TKDN/6/2023 yang terbit pada 15 Juni 2023 tersebut, ponsel lipat teranyar Oppo ini lolos uji dengan Nilai TKDN Barang 37,05 persen.

Baca juga: Bocoran Tampang Oppo Find N3 Flip, Punya Kamera Lebih Banyak

Selain sudah lolos uji TKDN, perangkat yang diyakini sebagai Oppo Find N3 itu juga sudah lolos sertifikasi perangkat Pos dan Telekomunikasi (Postel) dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dalam laman sertifikat Postel, perangkat dengan model CPH2499 tampaknya sudah diizinkan dipakai di Tanah Air dengan nomor sertifikat 91770/SDPPI/2023. Sertifikat ini terbit sekitar satu bulan setelah Oppo Find N3 lolos uji TKDN, yaitu tepatnya pada 10 juli 2023.

Oppo CPH2499 di laman TKDN Kemenperin (kiri) dan Postel Ditjen SDPPI Kominfo (kanan) yang diyakini sebagai Oppo Find N3.KOMPAS.com/Bill Clinten Oppo CPH2499 di laman TKDN Kemenperin (kiri) dan Postel Ditjen SDPPI Kominfo (kanan) yang diyakini sebagai Oppo Find N3.

Meski sudah muncul di laman Kemenperin dan Ditjen SDPPI Kominfo, belum bisa dipastikan apakah perangkat dengan model tersebut merupakan benar-benar Oppo Find N3 atau bukan. 

Terlebih, pihak Oppo Indonesia saat ini belum mengumbar hal apapun terkait kehadiran Oppo Find N3 di Indonesia. Yang jelas ponsel lipat versi sebelumnya Oppo Find N2 tidak masuk Indonesia.

Baca juga: Ini Bedanya Fitur Handycam di Oppo Find N2 Flip Vs Samsung Galaxy Z Flip 4

Bocoran spesifikasi Oppo Find N3

Oppo Find N2.Oppo Oppo Find N2.

Terkait Oppo Find N3, ponsel ini belum meluncur di negara manapun, dan kabarnya bakal meluncur sekitar Agustus bulan depan.

Bocoran spesifikasi Oppo Find N3 pun sudah bertebaran di internet, meski tanggal peluncurannya belum diketahui.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (28/7/2023), Oppo Find N3 kabarnya bakal dibekali dengan layar utama berukuran 8 inci, layar sekunder 6,5 inci. Kedua layar ini bejenis AMOLED dengan refresh rate 120 Hz.

Baca juga: Oppo Beberkan Alasan Mengapa Baru Jual Ponsel Lipat di Indonesia

Fitur pendukung Oppo Find N3 lainnya mencakup chipset Snapdragon 8 Gen 2, RAM LPDDR5X 16 GB, storage UFS 4.0 1 TB, serta baterai 4.805 mAh yang mendukung Wired Fast Charging 80W dan Wireless Fast Charging 50W. 

Pada sektor kamera, ponsel ini konon bakal dibekali dengan kamera 32 MP di layar sekundernya, serta kamera 20 MP atau 32 MP di layar utamanya.

Untuk kamera belakang jumlahnya konon ada tiga, terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 48 MP, dan kamera telefoto "periskop" 32 MP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com