Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Foto Samsung Galaxy Z Flip 5 Diklaim Meningkat meski Pakai Spek Lama, Ini Rahasianya

Kompas.com - 31/07/2023, 10:49 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

SEOUL, KOMPAS.com - Samsung sudah resmi meluncurkan ponsel lipat anyarnya dalam ajang Galaxy Unpacked di Seoul, Korea Selatan. Ponsel lipat yang diperkenalkan adalah Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5.

Kebaruan yang dihadirkan terdapat di bagian desain dan tampilan, performa, dan sebagainya. Dari sejumlah kebaruan yang dibawa, Galaxy Z Flip 5 ternyata masih mengadopsi konfigurasi kamera belakang yang sama dengan pendahulunya, Galaxy Z Flip 4.

Ponsel lipat anyar ini dilengkapi dua kamera belakang, yakni kamera utama 12 MP (f/1.8) yang sudah mendukung OIS (Optical Image Stabilization/penstabil gambar) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) dengan sudut pandang seluas 123 derajat.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Z Flip 5

Walau resolusi yang ditawarkan sama, Samsung justru mengeklaim bahwa hasil foto kamera Galaxy Z Flip 5 sudah mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Salah satu faktornya dipengaruhi oleh chipset yang dibenamkan di dalam perangkat.

Kini, Galaxy Z Flip 5 ditenagai oleh chipset khusus besutan Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Chip yang juga dibenamkan ke Galaxy S23 series, smartphone flagship Samsung yang meluncur pada Februari lalu.

Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Samsung Electronics Indonesia di peluncuran Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 di Seoul, Korea Selatan, Rabu (26/7/2023).KOMPAS.com/Caroline Saskia. Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Samsung Electronics Indonesia di peluncuran Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 di Seoul, Korea Selatan, Rabu (26/7/2023).

“Peningkatannya dari segi processing (chipset) sehingga output-nya berbeda. Contohnya efek zoom. Hasilnya berbeda, menjadi lebih jernih,” jelas Verry Octavianus, Product Marketing Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

Dari pengalaman KompasTekno menjajal Galaxy Z Flip 5, hasil gambar yang ditawarkan memang terlihat lebih jernih. Hal tersebut juga dibantu dengan layar sekunder di bagian punggung yang sudah diperbesar.

Baca juga: Makin Besar, Layar Sekunder Samsung Galaxy Z Flip 5 Bisa untuk Balas WA

Jadi, saat melakukan selfie seorang diri atau selfie bersama teman, pengguna bisa langsung melihat gambar bidikan kamera belakang Galaxy Z Flip 5 dari dekat.

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 5

(Kiri-kanan) Perbandingan ukuran layar sekunder Samsung Galaxy Z Flip 4 dengan Galaxy Z Flip 5KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto (Kiri-kanan) Perbandingan ukuran layar sekunder Samsung Galaxy Z Flip 4 dengan Galaxy Z Flip 5

Samsung Galaxy Z Flip 5 mengusung layar Dynamic AMOLED 2X seluas 6,7 inci untuk layar utama. Layar utama dilengkapi refresh rate 120 Hz dan resolusi Full HD Plus (2.640x1.080 piksel) dengan rasio 22:9.

Sementara untuk layar depannya, seperti yang disebut diatas, berukuran 3,4 inci yang berpanel Super AMOLED. Layar sekunder memiliki refresh rate 60 Hz , resolusi 720x748 piksel, tingkat kerapatan layarnya 306 PPI,dan tingkat kecerahan maks 1.600 nits

Galaxy Z Flip 4 masih ditopang baterai yang sama dengan pendahulunya, yakni 3,700mAH dan mendukung pengisian daya cepat 25 watt. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13 yang dipoles dengan antarmuka OneUI 5.1.1.

Fitur pendukung lainnya, perangkat sudah mendukung jaringan 5G, mengantongi sertifikasi IPX8, Wi-FI 6E, Bluetooth 5.3, pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya, slot nano-SIM.

Harga Samsung Galaxy Z Flip 5

  • Samsung Galaxy Z Flip 5 (8/256 GB): Rp 16 juta
  • Samsung Galaxy Z Flip 5 (8/512 GB): 18 juta

Varian warna yang dihadirkan adalah Mint, Graphite, Cream, dan Lavender. Pemesanan perangkat sudah dapat dilakukan di toko online Samsung Indonesia per 26 Juli 2023 hingga 17 Agustus 2023.

Bila tertarik melakukan pemesanan, dapat simak artikel “Cara Pre-order Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5, Berikut Harga serta Bonusnya”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com