Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14.000 Akun Pemain "Call of Duty" Diblokir dalam Sehari

Kompas.com - 31/07/2023, 13:40 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TechSpot

KOMPAS.com - Cheater alias pemain curang terus menjadi masalah di game, khususnya game online kompetitif. Para publisher game pun tidak tinggal diam dan terus berupaya mendepak cheater.

Pekan lalu misalnya, akun resmi Call of Duty di Twitter mengumumkan telah memblokir lebih dari 14.000 akun cheater dalam waktu hanya 24 jam alias sehari.

Belasan ribu akun yang terindikasi menggunakan hack, cheat, atau exploit untuk mencurangi game itu ditendang dari dua judul game Call of Duty, yaitu Modern Warfare II dan Warzone.

Baca juga: Game Call of Duty Tetap di PlayStation hingga 10 Tahun Lagi

"Pendeteksian baru yang menarget developer cheat di sumbernya telah menghasilkan lebih dari 14.000 pemblokiran akun untuk cheating dan hacking," tulis @CODUpdates dalam kicauannya.

Seri game Call of Duty menggunakan sistem anti-cheat bernama Ricochet yang dirilis oleh Activision selaku penerbitnya pada 2021. Targetnya bukan hanya cheater, namun juga pengembang mesin cheat yang membikin runyam pengalaman bermain orang lain.

Dihimpun KompasTekno dari TechSpot, Senin (31/7/2023), Ricochet menggunakan cara unik tapi efektif untuk mengidentifikasi dan menanggulangi para cheater yang menggunakan cheat engine.

Alih-alih langsung memutus sambungan dan memblokir akun, Ricochet justru balik mengelabui cheater dengan hal-hal yang membuat kecurangan mereka jadi tak berarti.

Misalnya, dengan cara menihilkan output damage senjata, membuat pemain lain yang jujur jadi tak terlihat oleh cheater, hingga melucuti senjata para pelaku kecurangan sehingga mereka berubah menjadi sasaran empuk.

Baca juga: Game Black Panther Diumumkan, Dibuat Veteran Call of Duty

Jika Ricochet menduga seorang pemain menggunakan cheat, salah satu cara konfirmasinya adalah dengan memberikan sasaran palsu yang hanya bisa dilihat oleh terduga cheater.

Sistem anti-curang ini belakangan juga ikut menyasar perangkat keras yang digunakan untuk mendapat keuntungan tertentu dalam game, misalnya hardware aim-assist Cronus Zen dan Xim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com