BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Samsung

Rahasia Bikin Vlog Artsy dengan Samsung Galaxy A34 5G

Kompas.com - 31/07/2023, 16:15 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dahulu, vlog yang artsy selalu identik dengan smartphone kelas flagship. Sebab, flagship smartphone memang dibekali kamera serta fitur video yang memungkinkan seseorang untuk membuat vlog artsy.

Namun, hal tersebut kini bisa dikatakan tidak diperlukan lagi. Pasalnya, ponsel kelas mid-range terbaru pun sudah dibekali kamera dan fitur video mumpuni selayaknya ponsel flagship. Salah satunya adalah Samsung Galaxy A34 5G yang baru dirilis pada Maret 2023.

Samsung Galaxy A34 5G hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1,8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan kamera makro 5 MP (f/2.4).

Tiga lensa kamera ini dilengkapi pula dengan fitur stabilisasi pengambilan foto ataupun video, yakni Optical Image Stabilization (OIS) dan Video Digital Image Stabilization (VDIS). Nah, kedua fitur inilah yang dapat membuat pengguna menciptakan konten, seperti vlog, yang artsy, di samping ketiga lensanya.

Kedua fitur tersebut dapat mengurangi guncangan saat pengguna membidik ataupun merekam sebuah obyek.

Fitur VDIS, misalnya, dapat membantu membuat hasil rekaman video stabil dan smooth. Saat diuji oleh KompasTekno, video hasil rekaman dari Samsung A34 5G terlihat lebih mulus dan stabil, meski diambil sembari melakukan beberapa gerakan, seperti jalan maju, mundur, berputar ke arah kanan dan ke kiri, lalu dari atas dan ke bawah.

Fungsi VDIS tak sekadar menstabilkan hasil bidikan video. Fitur tersebut juga dapat menangkap obyek dengan lebih jelas.

Baca juga: Uji Coba Game Booster Samsung Galaxy A34 5G

Hasil video dengan VDIS sangat berbeda bila fitur tersebut tidak diaktifkan. Saat merekam video tanpa VDIS, getaran dan goyangan sangat jelas terlihat ketika kaki melangkah maju ataupun mundur.

Cara mengaktifkan fitur VDIS pada Samsung Galaxy A34 5G pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Masuk ke aplikasi Camera
2. Pilih opsi “Video”
3. Masuk ke bagian “Setting” yang berada di kiri atas
4. Cari opsi “Stabilisasi Video” dan aktifkan

Setelah aktif, Anda pun bisa merekam video tanpa takut dengan noise berupa guncangan.

Tak hanya itu, untuk membantu pengguna menghasilkan kualitas video yang baik dalam kondisi minim cahaya, Samsung juga menghadirkan fitur FPS Otomatis pada Galaxy A34 5G.

Melalui fitur tersebut, sistem kamera akan menyesuaikan frame rate video secara otomatis sesuai intensitas cahaya yang ditangkap oleh sensor.

Adapun saat berada dalam kondisi cahaya normal, kamera smartphone akan merekam video pada kecepatan 60 FPS.

Sejumlah mode pengaturan kamera pada Samsung Galaxy A34 5G. Dok. Kompas.com/Erlangga Satya Sejumlah mode pengaturan kamera pada Samsung Galaxy A34 5G.

Namun, saat malam atau kondisi low light, kamera akan secara otomatis menurunkan frame rate agar sensor dapat menangkap lebih banyak cahaya dan membuat video terlihat lebih bagus dan bisa dinikmati.

Cara mengaktifkan fitur tersebut pun tak jauh berbeda dengan cara mengaktifkan fitur Stabilisasi Video. Saat Anda telah masuk ke bagian Setting, Anda hanya perlu mencari opsi FPS Otomatis dan mengaktifkannya.

Tak sampai di situ, Samsung juga menghadirkan fitur lain agar video yang dibuat bisa lebih efisien melalui fitur High Eficiency Video Codec (HVEC) atau Codec Video Efisensi Tinggi.

Fitur ini berfungsi untuk memperkecil hasil rekaman sekitar 20 sampai 50 persen dari mode standarnya tanpa mengurangi kualitasnya, baik itu resolusi maupun suara.

Baca juga: Cara Hasilkan Foto Epik dengan Fitur Zoom di Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Dengan fitur tersebut, Anda pun dapat menghemat memori penyimpanan ketimbang saat membuat video dengan mode biasa.

Anda hanya perlu masuk ke opsi Setting dan memilih opsi Video Efisiensi Tinggi untuk mengaktifkan fitur ini.

Samsung Galaxy A34 5G juga dibekali fitur editing video bawaan. Fitur ini sudah cukup untuk melakukan pengeditan video. Beberapa tools yang tersedia adalah trim, crop frame, filter, pengaturan pencahayaan (kontras, brightness, dan lain-lain), serta insert text, gambar, dan stiker.

Untuk masuk ke fitur editing video, Anda bisa masuk ke Galeri. Pilih video yang sudah direkam untuk diedit. Kemudian, ketuk opsi “Edit” yang ditandai dengan ikon pensil.

Setelah itu, Anda bisa mengedit video sesuai preferensi. Jangan lupa simpan video yang sudah diedit. Kamu juga bisa pula mengunggah video hasil editan ke sejumlah media sosial, seperti YouTube, Instagram, dan TikTok.

Mudah bikin foto minim cahaya

Selain vlog artsy, Samsung Galaxy A34 5G juga bisa dimaksimalkan untuk keperluan fotografi minim cahaya atau low-light photography. Guna memaksimalkan pengambilan foto di lokasi minim cahaya, Samsung sudah menyematkan fitur Night Mode.

Fitur tersebut dihadirkan untuk membantu pengguna merekam lebih banyak detail dengan memperluas ukuran piksel kamera, meskipun dilakukan dalam kondisi gelap ataupun low light.

Dengan begitu, hasil rekaman tetap terlihat jernih dan berkualitas meski perekaman dilakukan pada kondisi minim cahaya.

Baca juga: Cuma Pakai Samsung Galaxy A54 5G, Ini 5 Tip Menghasilkan Foto Bokeh Artsy

Karena low-light photography sangat sensitif terhadap guncangan, seperti telah disinggung, Samsung juga membekali fitur OIS. Fitur ini hadir dengan empat sumbu yang berfungsi untuk membantu menstabilkan pergerakan lensa.

Hasil tangkapan kamera Samsung Galaxy A34 pada malam hari sebelum dan sesudah di-remastering. Dok. Kompas.com/Erlangga Satya Hasil tangkapan kamera Samsung Galaxy A34 pada malam hari sebelum dan sesudah di-remastering.

Saat sedang mengurangi guncangan, OIS akan memanfaatkan giroskop di dalam kamera untuk menggeser lensa menggunakan sensor dan elektromagnet.

Jadi, hasil foto yang diambil bisa tetap stabil dan terhindar dari blur. Namun, perlu digarisbawahi bahwa guncangan yang dimaksud bukanlah guncangan ekstrem, seperti sengaja menggoyang ponsel dari kiri ke kanan secara cepat.

Itulah keunggulan Samsung Galaxy A34 5G dalam pembuatan konten, baik video maupun foto. Anda bisa memaksimalkan perangkat tersebut untuk membuat konten artsy. Silakan klik tautan berikut untuk tahu lebih detail tentang Samsung Galaxy A34 5G.

Klik tautan ini pula untuk mengetahui informasi terbaru atau tip memaksimalkan ponsel Samsung.


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com