Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Input Device, Fungsi, dan Contohnya

Kompas.com - 13/01/2023, 03:00 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Setiap komputer memiliki sistem yang memungkinkan perangkat terintegrasi bisa menerima input, memprosesnya, memberikan output, serta menyimpan data dan informasi yang ada di dalamnya.

Dengan adanya sistem komputer ini, pengguna dapat memasukkan, memanipulasi, hingga menyimpan data. Sistem komputer memiliki beberapa komponen yang bisa menunjang kinerja sebuah komputer. Salah satunya adalah perangkat input.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang perangkat input, berikut KompasTekno telah merangkum pengertian serta contoh-contoh perangkat keras yang termasuk dalam perangkat input atau input device.

Baca juga: Pengertian Komponen Komputer: Input Output Processing dan Storage Device

Pengertian input device

Input device adalah perangkat keras yang bertugas untuk mengirimkan data ke komputer. Perangkat ini bekerja dari perintah dan kontrol yang dikirimkan oleh pengguna. Setiap perangkat input mengirimkan data yang berbeda-beda ke komputer. Hal ini bergantung pada perangkat input yang digunakan.

Apabila Anda sedang menggunakan mouse komputer atau touchpad laptop, berarti data yang dikirimkan adalah gerakan sumbu X-Y yang digunakan untuk menampilkan kursor mouse di layar. Data-data tersebut dikirimkan oleh perangkat input melalui kabel atau atau transmisi nirkabel ke komputer.

Dalam setiap komputer, perangkat input merupakan salah satu komponen sistem komputer yang penting, karena perangkat input memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dan menambahkan informasi baru ke komputer.

Akan tetapi, sebuah komputer pun dapat berjalan dengan sendirinya tanpa adanya perangkat input. Namun, kendalanya adalah pengguna tidak dapat melakukan aktivitas input seperti menambahkan informasi teks, dokumen, gambar, dan lain-lain atau mengirim perintah ke komputer.

Baca juga: 5 Fungsi Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh input device

Terdapat banyak sekali contoh input device yang digunakan untuk menunjang kinerja sebuah komputer. Berikut beberapa diantaranya.

keyboard ergonomisNBC News keyboard ergonomis

Salah satu perangkat input yang paling umum dan ada dalam setiap komputer adalah keyboard. Perangkat ini membantu memasukkan data ke komputer melalui karakter seperti huruf, angka, dan simbol yang ditekan dalam papan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.