Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Alihkah Produksi Komputer Mini NUC ke Vendor

Kompas.com - 13/07/2023, 13:02 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Next Unit of Computing (NUC) dikenal sebagai PC small form factor alias komputer mini dari Intel. Ke depan, lini komputer berukuran mungil tersebut tidak akan lagi dibuat oleh Intel karena pengembangannya sudah dihentikan.

Informasi terkait hal itu disampaikan oleh sang pabrikan pada awal pekan ini. Intel memutuskan untuk menghentikan "investasi secara langsung" di bisnis NUC dan mengalihkan produksinya ke para rekanan hardware.

Keputusan Intel disebut tidak mempengaruhi Grup Client Computing (CCG) ataupun bisnis Network and Edge Computing (NX).

Baca juga: Ini Penamaan Baru Prosesor Intel, Tak Ada Lagi Huruf i dan Tahun Angkatan

"Kami bekerja sama dengan para partner dan pelanggan untuk memastikan transisi yang mulus serta pemenuhan semua komitmen kami - termasuk melanjutkan dukungan untuk produk-produk NUC yang ada di pasaran sekarang," sebut Intel dalam sebuah pernyataan.

Intel tidak menjelaskan kenapa persisnya produksi NUC first party dihentikan. Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Kamis (13/7/2023), alasannya kemungkinan berkaitan dengan pasaran PC yang belakangan melesu.

Pendapatan Intel diketahui merosot sebanyak lebih dari sepertiga dalam dua kuartal terakhir. Karena itu, keputusan menghentikan NUC membuat Intel bisa lebih fokus ke produksi chip yang merupakan bisnis utamanya.

NUC sendiri pertama kali diperkenalkan pada 2013, dalam bentuk kit barebone alias motherboard di dalam casing plastik dengan kipas serta power supply eksternal untuk pengguna yang menginginkan komputer berbentuk kecil.

Baca juga: Cara Intel Percepat Adopsi Teknologi AI di Pasar Global dan Indonesia

Belakangan NUC menjadi lebih lengkap dan beragam, serta menjangkau segmen-segmen tambahan seperti perkantoran. Bahkan ada pula NUC yang dibekali kartu grafis dedicated, sehingga memiliki tenaga besar untuk menjalankan game.

Meski konsepnya mungkin menarik, NUC bukan satu-satunya komputer mungil di pasaran. Karena ada sejumlah pesaing, salah satunya yang paling sukses adalah Mac mini dari Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com