Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Hard Disk, Komponen, Cara Kerja, dan Fungsinya dalam Komputer

Kompas.com - 02/07/2023, 18:01 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Komputer terdiri dari beberapa komponen perangkat keras (hardware), salah satunya yang cukup umum didengar adalah Harddisk, Hard Disk, atau biasa disebut juga Hard Drive. Akan tetapi, meski cukup umum terdengar, tak semua orang mengetahui soal Harddisk.

Oleh karena itu, pada artikel ini bakal dijelaskan mengenai apa itu Hard Disk, komponen, dan fungsinya. Bila tertarik untuk mempelajari lebih lanjut soal Hard Disk, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Kerja Komputer yang Perlu Diketahui, Ada 3 Tahap

Pengertian Hard Disk

Dalam bahasa teknis, Harddisk kerap disebut pula dengan Hard Disk Drive atau yang disingkat HDD. Pada dasarnya, Harddisk adalah salah satu jenis perangkat penyimpanan data yang stabil (non-volatile).

Sebagai perangkat penyimpanan data yang stabil, Harddisk bisa menyimpan data dalam waktu yang lama meski komputer dimatikan. Semua komputer membutuhkan perangkat penyimpanan data yang stabil dan Harddisk adalah salah satu jenisnya.

Harddisk biasanya terpasang di dalam komputer, tetapi ada juga yang terpasang di luar komputer atau biasa disebut Hard Disk eksternal. Di dalam komputer, Hard Disk bisa menjadi penyimpanan utama atau penyimpanan sekunder.

Apabila terpasang di dalam komputer, Hard Drive biasanya berada di wadah khusus yang terhubung ke motherboard (papan mesin utama) melalui sambungan Advanced Technology Attachment (ATA), Serial ATA, atau paralel ATA.

Lantas, bagaimana Harddisk menyimpan data dalam komputer? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara kerja Harddisk dalam menyimpan data.

Komponen Hard Disk

Sebelum mengetahui cara kerjanya, penting dipahami dulu mengenai komponen Hard Disk. Perlu diketahui, dikutip dari remosoftware.com, Hard Disk terdiri dari beberapa komponen yang meliputi:

  • Platter: piringan datar yang biasanya berbahan dasar aluminium sebagai tempat menampung atau menyimpan data.
  • Motor Spindle atau Spindle: komponen poros yang berfungsi untuk menahan putaran dan sekaligus memutar platter. Spindel memutar piringan dalam kecepatan yang diukur dalam RPM (revolution per minute), biasanya pada kecepatan 3.600 hingga 7.200 RPM.
  • Actuator Arm: tuas yang di ujungnya memiliki komponen pembaca dan penulis data pada piringan.
  • Ribbon Cable: kabel untuk menghubungkan antara komponen pembaca dan penulis data dengan papan pengontrol.

Baca juga: 6 Jenis Topologi Jaringan Komputer serta Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Cara kerja Harddisk dalam menyimpan data di komputer

Setelah mengetahui komponen tersebut, kini saatnya memahami lebih lanjut soal cara kerja Harddisk. Dalam menyimpan atau membaca data di komputer, Platter bakal berputar dengan mesin yang terhubung dengan Spindle.

Selanjutnya, jika hendak menyimpan data, komponen penulis bakal merekam informasi pada Platter menggunakan kepala magnet.

Kemudian, jika hendak membaca data, komponen pembaca yang merupakan bagian dari Actuator Arm bakal mambaca informasi dalam plater. Saat Platter berputar, poros Actuator Arm akan mengontrol gerakan komponen penulis dan pembaca.

Demikianlah penjelasan mengenai cara kerja Harddisk dalam menyimpan data di komputer, sebagaimana dilansir laman Tech Target. Lalu, sebenarnya apa fungsi dari Hard Disk? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai fungsi Hard Disk

Fungsi Hard Disk

Secara umum, fungsi Hard Disk adalah menyimpan dan memuat data di komputer. Perangkat penyimpanan seperti Hard Disk diperlukan untuk menginstal sistem operasi, program perangkat lunak, serta menyimpan dokumen atau file.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Perbedaannya

Dengan Hard Disk, data-data tersebut dapat tersimpan di komputer secara permanen. Tanpa perangkat penyimpanan data yang stabil, pengguna tidak akan dapat memuat sistem operasi, menyimpan program, atau menyimpan dokumen secara permanen ke komputer mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com