Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Seflie di Samsung Galaxy Z Flip 5 Bisa Dicek Ulang Langsung dari Layar Sekunder

Kompas.com - 03/08/2023, 12:04 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Z Flip 5 resmi dirilis Samsung dalam acara Galaxy Unpacked 2023 di Seoul, Korea Selatan, pada 26 Juli pekan lalu.

Salah satu hal baru yang paling mencolok adalah layar sekundernya yang kini diperbesar, nyaris memenuhi punggung perangkat dalam kondisi terlipat. Layar bagian luar ini diperbesar dari 1,9 inci menjadi 3,4 inci.

Perluasan layar tersebut juga memudahkan pengguna untuk mengambll selfie dengan kamera belakang.

Jika sebelumnya tampilan kamera depan terlihat mungil, kini pengguna dapat melihat tampilan layar lebih besar. Fitur ini cocok untuk mengambil selfie lebih dari satu orang.

Pengalaman KompasTekno, kamera bisa langsung diaktifkan dengan menggeser ikon kamera ke arah atas atau samping. Ketika mengambil selfie, pengguna bisa membuat gestur lima jari ke arah layar untuk pengambilan gambar secara otomatis.

Baca juga: Mencoba Fitur Flex Mode di Samsung Galaxy Z Flip 5 yang Cocok untuk Multitasking

Setelah memotret, pengguna dapat melihat ulang hasil gambar yang dipotret alias preview foto selfie. Foto bisa dilihat dengan mengeklik ikon lingkaran di samping layar.

Hasil gambar selfie tersebut juga bisa disukai atau ditandai (love) ataupun dihapus secara langsung. Fitur love dihadirkan untuk memudahkan pengguna memilih foto selfie yang bakal disimpan atau di-posting ke media sosial.

Ilustrasi selfie menggunakan layar sekunder Galaxy Z Flip 5KOMPAS.com/Galuh Putri Riyanto Ilustrasi selfie menggunakan layar sekunder Galaxy Z Flip 5
Sementara itu, ikon “tong sampah” alias Delete bisa digunakan untuk menghapus foto yang diinginkan lewat layar sekunder. Kendati begitu, fitur preview ini tidak bisa meninjau ulang semua foto yang ada di dalam Gallery.

Cara kerja preview atau love foto tadi hanya berlaku ketika pengguna melakukan selfie terus-menerus, tanpa membuka layar utama. Jika pengguna sudah membuka layar utama, lalu kembali melakukan selfie, preview foto sebelumnya tidak dapat diakses.

Untuk membuka atau melihat foto-foto yang sudah dipotret, pengguna harus mengakses aplikasi Gallery untuk melihat keseluruhan hasil gambar.

Hasil seflie bisa di-preview di layar sekunder Galaxy Z Flip 5. Pengguna juga dimungkinkan menandai foto dengan ikon love ataupun langsung menghapus foto dengan ikon tong sampahKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil seflie bisa di-preview di layar sekunder Galaxy Z Flip 5. Pengguna juga dimungkinkan menandai foto dengan ikon love ataupun langsung menghapus foto dengan ikon tong sampah
Selain memotret, pengguna juga dapat merekam video, seperti vlogging. Cara kerjanya sama, penguna hanya perlu menggeser layar sekunder Samsung Z Flip 5 untuk beralih dari mode foto ke mode merekam video.

Jika sudah, akan terdapat ikon angka yang menunjukkan durasi video direkam. Proses perekaman bisa otomatis dilakukan dengan memberi gestur lima jari ke arah kamera. Untuk menghentikan proses perekaman, bisa sentuh layar sekunder Samsung Z Flip 5 satu kali.

Hasil video juga bisa di-preview layaknya hasil foto. Pengguna bisa menyukai hasil video yang diinginkan atau menghapus konten yang tidak disukai.

Layar sekunder yang bisa diakses lebih leluasa ini menawarkan pengalaman yang baru dan unik kepada penggunanya. Pengguna dimungkinkan mengerjakan tugas simpel tanpa harus membuka layar utama, seperti sebelumnya.

Baca juga: 6 Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip 5 Dibanding Z Flip 4, Salah Satunya Lebih Rapat

Fitur ini juga cocok untuk konten kreator yang gemar mengambil selfie atau vlogging. Kemudahan yang ditawarkan Samsung Z Flip 5 bisa mempercepat pemilihan gambar atau video yang ingin digunakan atau diposting ke media sosial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com