Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Perbedaan HTTP dan HTTPS dalam Internet

Kompas.com - 04/08/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saat melakukan browsing di Internet, Anda tentu tak asing lagi dengan Uniform Resource Locators (URL) atau link situs dengan istilah "HTTP" atau "HTPPS". Istilah ini merupakan akronim dari Hypertext Transfer Protocol dan Hypertext Transfer Protocol Secure.

Kedua istilah ini digunakan untuk mengawali alamat situs web yang diakses via browser. Contoh saja saat pengguna akan mengakses situs Kompas Tekno, maka akan menjumpai link URL "https://tekno.kompas.com/". 

Kedua istilah ini mirip dan memiliki fungsi yang sama namun terdapat beberapa perbedaan. Lantas apa pengertian dan perbedaan HTTP dan HTTPS dalam internet? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Definisi Komponen Komputer: Input, Output, Processing, dan Storage Device

Pengertian HTTP

Dilansir dari Geeks for Geeks, HTTP merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Protokol ini diciptakan oleh Tim Berners-Lee penemu World Wide Web (WWW). Hiperteks adalah jenis teks yang memiliki tautan atau hyperlink yang menghubungkannya dengan teks lain atau halaman lain.

Tautan ini memungkinkan Anda untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain atau membuka file lain, seperti gambar atau video, di World Wide Web. Jadi, HTTP adalah protokol yang memungkinkan browser web Anda berkomunikasi dengan server web untuk mengakses halaman atau berbagi data seperti teks, gambar, dan multimedia lainnya.

HTTP digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk sistem informasi terdistribusi, kolaborasi, dan hypermedia. Ini adalah bagian penting dari cara internet berfungsi dan memungkinkan Anda mengakses berbagai konten dan informasi di dunia maya.

Karakteristik HTTP

  • HTTP menggunakan protokol Internet Protocol (IP) sebagai dasar untuk mengirimkan data antara server dan klien
  • HTTP memungkinkan pertukaran data antara server (misalnya, situs web) dan klien (misalnya, browser web pengguna)
  • HTTP tidak membatasi jenis konten yang dapat ditransmisikan. Apapun jenis data, seperti teks, gambar, video, atau file lainnya, dapat dikirimkan melalui HTTP

Cara kerja HTTP adalah saat Anda ingin mengakses halaman web atau data tertentu, browser Anda membuat permintaan ke server melalui protokol HTTP.

Server kemudian menerima permintaan tersebut dan memberikan respon dengan mengirimkan halaman web atau data yang diminta oleh pengguna Respons ini berisi informasi dari server ke klien

Namun, perlu diingat bahwa data yang ditransmisikan melalui HTTP tidak dienkripsi, sehingga informasi yang dikirimkan dalam bentuk teks biasa dan bisa diakses oleh pihak lain yang memiliki akses ke jalur komunikasi.

Apa Itu HTTPS

HTTPS adalah kependekan dari Hyper Text Transfer Protocol Secure. Protokol ini adalah versi yang lebih aman dari HTTP. Pengguna yang mengakses situs dan melihat HTTPS pada URL-nya maka data yang dikirimkan dan terima dari situs tersebut dienkripsi untuk menjaga keamanan dan privasi.

HTTPS menggabungkan Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dengan teknologi keamanan bernama SSL/TLS. SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, sedangkan TLS adalah kependekan dari Transport Layer Security.

Keduanya berfungsi untuk menyandikan data yang Anda kirimkan ke server dan data yang Anda terima dari server agar tidak mudah dibaca oleh orang lain yang mencoba menyadapnya.

Jadi, ketika Anda berinteraksi dengan situs web yang menggunakan HTTPS, informasi yang Anda berikan, seperti kata sandi, informasi kartu kredit, atau data pribadi lainnya, akan lebih aman dan tidak dapat dengan mudah diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

Karakteristik HTTPS

  • HTTPS mengenkripsi semua substansi pesan, termasuk header HTTP dan data permintaan/respons.
  • Saat ini, HTTPS lebih sering digunakan oleh situs web daripada HTTP yang tidak aman. Ini karena dengan menggunakan HTTPS, kita bisa memastikan bahwa halaman web tersebut adalah yang sebenarnya dan tidak dipalsukan oleh pihak yang tak bertanggung jawab

Perbedaan HTTP dan HTTPS

HTTP dan HTTPSGeeks for Geeks HTTP dan HTTPS

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol yang menggunakan hypertext yang ditransfer melalui Web. Karena kesederhanaannya, HTTP menjadi protokol yang paling banyak digunakan untuk transfer data melalui Web.

Kendati demikian pertukaran data (yaitu hypertext) menggunakan HTTP tidak seaman yang kita inginkan karena data yang dikirimkan tidak dienkripsi.

Untuk menjaga data lebih aman saat ditransfer, terdapat protokol kriptografi seperti SSL dan TLS yang dikemas dalam HTTP dengan lapisan keamanan dan mengubahnya menjadi HTTPS. Selengkapnya berikut ini beberapa perbedaan HTTP dan HTTPS dalam tabel.

HTTP HTTPS
Di HTTP, URL dimulai dengan "http://". Di HTTPS, URL dimulai dengan “https://”.
HTTP menggunakan nomor port 80 untuk komunikasi. HTTP menggunakan nomor port 443 untuk komunikasi.
HTTP tidak menggunakan enkripsi, yang menghasilkan keamanan yang rendah dibandingkan dengan HTTPS. HTTPS menggunakan enkripsi yang menghasilkan keamanan yang lebih baik daripada HTTP.
Kecepatan HTTP lebih cepat dari HTTPS. Kecepatan HTTPS lebih lambat dari HTTP.
HTTP tidak menggunakan tagar data untuk mengamankan data. HTTPS melakukan enkripsi atau pengamanan data sebelum mengirimkannya dari sumber atau pengirim ke tujuan atau penerima.
HTTP: Tidak memerlukan sertifikat keamanan. HTTPS: Situs web yang menggunakan HTTPS memerlukan sertifikat keamanan yang ditandatangani oleh pihak ketiga yang tepercaya.

Baca juga: Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer dengan Benar, Perhatikan

Itulah ulasan mengenai pengertian dan perbedaan HTTP dan HTTPS dalam situs internet. Saat ini, HTTPS lebih banyak digunakan karena lebih aman daripada HTTP.

Anda yang mengakses "HTTPS" pada URL sebuah web, itu berarti situs web tersebut menggunakan cara yang lebih aman untuk mengirimkan data, sehingga informasi pribadi dan data sensitif lebih terlindungi dari pihak tak bertanggung jawab.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com