Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Diperlukan agar Perangkat Keras Komputer Dapat Berfungsi, Catat

Kompas.com - 01/08/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna perlu mengetahui hal yang diperlukan agar perangkat keras komputer dapat berfungsi. Komputer terdiri dari beberapa komponen, salah satunya yang nampak adalah perangkat keras.

Untuk bisa bekerja, perangkat keras atau hardware komputer tidaklah bekerja dengan sendiri. Hardware komputer bekerja sesuai dengan perintah pengguna. Namun, perintah tersebut tidak langsung masuk begitu saja ke hardware komputer.

Baca juga: Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer dengan Benar, Perhatikan

Lantas, agar perangkat keras komputer berfungsi maka diperlukan apa? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai hal yang diperlukan agar perangkat keras komputer dapat berfungsi.

Hal yang diperlukan agar perangkat keras komputer dapat berfungsi

Hardware komputer adalah seperangkat komponen fisik pada komputer. Sebagaimana telah disebutkan di atas, hardware itu tidak bekerja sendiri untuk membuat komputer bisa berfungsi atau dijalankan.

Agar perangkat keras komputer dapat berfungsi maka diperlukan sistem perangkat lunak atau software. Perlu diketahui, software sendiri adalah program tertulis yang dapat dibaca oleh hardware komputer, sebagaimana dilansir laman Tech Target.

Dalam cara kerja komputer secara umum, sehingga dapat berfungsi, software berperan sebagai wadah untuk pengguna bisa memasukkan instruksi atau perintah ke komputer. Setelah perintah dimasukkan, hardware bakal memprosesnya.

Kemudian, hasil pemrosesan atau output akan disajikan kembali ke pengguna sesuai dengan instruksi yang tadi telah diberikan. Software bisa dibilang seperti penghubung atau jembatan antara pengguna dan hardware komputer.

Lewat software, pengguna bisa menggerakkan atau menjalankan hardware komputer sesuai keinginan. Sebagai penghubung antara perintah pengguna dan hardware komputer, software secara umum terbagi menjadi dua jenis, yaitu aplikasi dan sistem operasi.

Software sistem operasi dan aplikasi untuk menjalankan komputer

Sistem operasi

Sistem operasi adalah program perangkat lunak yang bekerja untuk menghubungkan antara pengguna dengan komponen komputer, baik hardware maupun software. Fungsi sistem operasi bisa dikatakan seperti sebuah jembatan.

Sistem operasi akan menerima dan menerjemahkan perintah dari pengguna di software. Lalu, perintah tersebut diteruskan ke hardware untuk menjadi sebuah output tindakan. Contoh sederhananya, bisa dilihat lewat proses pemutaran audio di komputer.

Jadi, saat pengguna menekan tombol Play pada software untuk audio di komputer, sistem operasi akan menerjemahkan perintah itu dan mengirim ke hardware untuk diproses. Alhasil, hardware bisa mengeluarkan suara sesuai dengan data audio yang diputar.

Selain itu, dikutip dari Geeks for Geeks, beberapa tugas sistem operasi juga meliputi pengelolaan memori komputer, pembuatan dan penghapusan file, serta mencegah akses yang tidak sah atas sumber daya informasi atau data di komputer.

Baca juga: 9 Cara Screenshot di Komputer dengan Mudah, Lengkap untuk Windows dan Mac

Adapun contoh sistem operasi komputer yang cukup populer adalah MacOS, Windows OS dan Linux. Dari contoh-contoh tersebut, mungkin tak asing lagi apa yang dimaksud dengan sistem operasi.

Sementara itu, bila sistem operasi adalah penghubung antara pengguna dengan hardware dan software komputer, lantas apa yang dimaksud dengan aplikasi? Penjelasannya bisa dilihat di bawah ini.

Aplikasi

Aplikasi adalah program perangkat lunak yang bekerja untuk mewadahi perintah atau tindakan khusus yang diberikan pengguna. Untuk fungsi aplikasi sendiri, yakni sebagai alat menyelesaikan pekerjaan pengguna di komputer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com