Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "Tail & Trails" Bikinan Pengembang Surabaya Bisa Di-download Gratis

Kompas.com - 05/08/2023, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Studio game asal Surabaya, Indonesia, yang membuat game populer When the Past Was Around dan A Space for the Unbound, Mojiken Studios menguak game terbarunya ke publik.

Game tersebut bernama Tail & Trails dan saat ini bisa diunduh (download) pengguna secara cuma-cuma alias gratis.

Tail & Trails merupakan game berkeliling sekitar (walking simulator) yang visualnya mirip animasi kartun tiga dimensi (3D).  

Secara garis besar, game ini menceritakan tentang seorang anak kecil yang ditinggal mati oleh nenek tersayangnya. Pemain akan mengontrol karakter anak kecil ini sepanjang game. 

Baca juga: Pria Surabaya Lamar Kekasih Pakai Motherboard dan VGA

Selepas kepergiannya, nenek pemain tersebut lantas mewariskan sebuah hewan peliharaan unik kepada anak tersebut, yaitu kadal berkepala tiga. Menariknya, kepala kadal ini masing-masing memiliki nama, yaitu "Thaw", "Tea", dan "Tooth".

Sepanjang game, pemain akan memiliki misi untuk mengajak kadal tersebut ke puncak atau bukit tertinggi yang bernama "Sunset Peak". 

Ilustrasi game Tail & Trails buatan Mojiken Studios.Mojiken Studios Ilustrasi game Tail & Trails buatan Mojiken Studios.

Dalam perjalanan ke sana, pemain juga akan dipertemukan dengan berbagai makanan dan buah yang harus diberikan kepada kadal yang menjadi hewan peliharaannya. 

Baca juga: Kominfo: Pengembang Game Lokal Masih Terpusat di Pulau Jawa

Jika beruntung dan makanan tersebut cocok dengan salah satu kepala dari kadal, maka kadal tersebut akan senang dan mengeluarkan suara. Namun jika tidak, salah satu kepala kadal akan kecewa dan marah. 

Tertarik memainkan game Tail & Trails ini? Pemain bisa download game Tail & Trails secara gratis di komputer (PC) mereka masing-masing melalui situs resmi Mojiken di tautan berikut ini.

Perlu dicatat, meski bisa di-download gratis, Tail & Trails saat ini masih dalam tahap awal alias prototipe. Sehingga, game ini kemungkinan dilanda beberapa masalah (bug), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MojikenStudios, Sabtu (5/8/2023).

Namun, Mojiken Studios mengatakan pemain bisa melaporkan bug yang mereka temui ke pihak pengembang game. Sehingga, game ini nantinya akan bebas dari bug ketika resmi dirilis dalam versi akhir alias final.

Belum ada informasi kapan game ini akan dirilis dalam versi final. Namun yang jelas, saat ini pengguna bisa memainkan Tail & Trails melalui PC mereka masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com