Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gmail di HP Kini Bisa Terjemahkan Teks di E-mail

Kompas.com - 09/08/2023, 10:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber PC World

KOMPAS.com - Google ingin memudahkan setiap penggunanya dengan bahasa asing. Kini, raksasa teknologi itu meluncurkan fitur penerjemah bahasa di Gmail versi aplikasi mobile. Artinya, fitur tersebut kini tersedia di aplikasi Gmail di ponsel Android dan iOS.

“Mulai hari ini, kami dengan gembira mengumumkan (fitur) penerjemah bahasa ibu (native language) yang terintegrasi di dalam aplikasi Google mobile, yang memungkinkan Anda berkomunikasi secara mulus melalui berbagai macam bahasa,” tulis Google di blog resminya.

Kehadiran fitur ini bukanlah sebuah kebaruan. Sebab, Google sudah meluncurkan fitur penerjemah bahasa terlebih dulu untuk Gmail versi desktop sejak beberapa tahun lalu.

Namun, dikarenakan fitur ini sudah dihadirkan untuk versi mobile, tampaknya ini bisa menjadi kabar baik bagi pengguna yang membuka layanan email setiap hari menggunakan smartphone.

Baca juga: Fitur Penerjemah Real-Time di Gboard Sudah Bisa Dicoba

Fitur ini tersedia secara gratis untuk seluruh pengguna Google Workspace ataupun akun Google. Lantas, bagaimana cara kerja fitur ini? Fitur penerjemah di aplikasi Google bakal muncul seperti “spanduk” kecil di atas badan email dan tertulis dalam bahasa asing.

Fitur baru menerjemahkan isi email di Gmail versi mobileBlog Google Fitur baru menerjemahkan isi email di Gmail versi mobile

Apabila Anda mengatur bahasa utama di Gmail adalah bahasa Indonesia, maka pesan yang tertulis di spanduk adalah “Translate to Indonesia” (Terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia). Sebaliknya, jika bahasa utama yang dipilih adalah Inggris, pengguna akan melihat tulisan “Translate to English”.

Ketika “spanduk” atau pesan tersebut diklik, keseluruhan email yang tertulis akan otomatis berubah menjadi bahasa utama yang dipilih. Setelah diklik, akan muncul perintah baru yang tertulis “Automatically translate English/Indonesia”.

Google memungkinkan pengguna mengatur fitur penerjemah secara otomatisBlog Google Google memungkinkan pengguna mengatur fitur penerjemah secara otomatis

Pesan tersebut menunjukkan pengguna dimungkinkan mengatur Gmail secara otomatis untuk menerjemahkan keseluruhan isi email dari bahasa asing ke bahasa utama. Fitur penerjemah bahasa otomatis ini tidak akan diatur secara default oleh perusahaan. Pengguna diberikan pilihan untuk mengaktifkannya atau tidak.

Baca juga: Google Translate Makin Pintar, Sediakan Konteks Terjemahan yang Didukung AI

Namun, menurut klaim Google, penerjemah otomatis ini menjadi fitur favorit di kalangan pengguna. Kemungkinan ada banyak pengguna yang jarang menolak melakukan terjemahan otomatis.

“Ini menjadi fitur yang paling banyak diminta untuk membantu pengguna membaca dan memahami isi percakapan dalam bahasa manapun,” jelas Google.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari PC World, Rabu (9/8/2023), pengguna Android sudah dapat menjajal kebaruan fitur ini di aplikasi Gmail per hari ini.

Perlu digarisbawahi, pengguna harus melakukan pembaruan aplikasi (update) secara berkala di toko aplikasi resmi Google Play Store. Sementara itu, pengguna iPhone masih harus menunggu lebih lama karena fitur ini baru digelontorkan secara berkala pada 21 Agustus 2023.

Pantauan KompasTekno, fitur tersebut belum hadir di smartphone Android. Kemungkinan pembaruan tersebut tengah dilakukan secara berkala. Menurut penjelasan Google, peluncuran fitur baru setidaknya membutuhkan 15 hari agar bisa diterima seluruh pengguna secara merata.

“Peluncuran bertahap (hingga 15 hari untuk visibilitas fitur baru) dimulai pada 8 Agustus 2023,” jelas Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com