Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Kamera Mirrorless Pecahkan Rekor

Kompas.com - 09/08/2023, 19:29 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Industri pariwisata mulai pulih semenjak dihantam pandemi Covid-19. Seiring dengan itu, angka pengapalan kamera mirrorless pun ikut menanjak.

Data terbaru dari Camera and Imaging Products Association (CIPA) menunjukkan bahwa pengiriman (shipment) kamera secara global pada paruh pertama 2023 meningkat sebanyak 17 miliar dollar AS (Rp 258,7 triliun) atau naik 20 persen secara year-over-year.

Angka tersebut merupakan rekor tertinggi dalam tiga tahun berturut-turut semenjak 2020.

Baca juga: Apa Itu Kamera Mirrorless, Bedanya dengan DSLR?

Penyumbang terbesar dari kenaikan ini adalah wilayah China yang mencatat kenaikan penjualan sebesar 44 persen, disusul Jepang dengan 30 persen dan Eropa 9 persen.

Laporan Nikkei yang dihimpun KompasTekno, Rabu (9/8/2023) mengaitkan kembali bergairahnya pasaran kamera dengan kenaikan jumlah turis internasional.

Berdasarkan laporan dari United Nations World Tourism Organization, jumlah traveler internasional pada kuartal pertama 2023 meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya, menjadi 235 juta orang.

Data dari Camera and Imaging Products Association (CIPA) menunjukkan peningkatan signifikan untuk angka shipment kamera kategori interchangeable lens pada paruh pertama 2023.CIPA Data dari Camera and Imaging Products Association (CIPA) menunjukkan peningkatan signifikan untuk angka shipment kamera kategori interchangeable lens pada paruh pertama 2023.

Jumlah pelancong tersebut sudah mencapai 80 persen dari catatan pada 2019, sebelum pandemi datang mendera.

Para turis disinyalir tertarik membeli kamera karena memiliki fitur-fitur yang absen dari smartphone. Misalnya, teknologi AI yang membuat mempermudah pengambilan gambar serta image quality yang secara kasat mata lebih tinggi.

Penggunaan kamera secara keseluruhan kini juga menjadi lebih gampang dibanding sebelumnya, terutama buat pemula.

Baca juga: Sony Alpha 7R V Meluncur, Mirrorless Pertama Sony dengan Kecerdasan Buatan

Kamera-kamera mirrorless modern juga umumnya lebih ringan dibanding model terdahulu sehingga semakin menarik minat konsumen yang sebelumnya terkendala masalah bobot.

Pertumbuhan pasar kamera didorong oleh produk dalam kategori interchangeable lens alias kamera yang bisa diganti-ganti lensanya, macam mirrorless.

Di sisi lain, pasaran tren kamera dengan fixed lens menunjukkan kecenderungan sebaliknya, yakni menurun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com