Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti HP, Kamera Mirrorless Sony A6700 Dijual Tanpa Charger

Kompas.com - 26/07/2023, 16:28 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Semenjak Apple mulai berhenti menyertakan charger di iPhone 12 pada 2020, beberapa pabrikan smartphone lain segera mengekor dengan melakukan langkah serupa. Tren tersebut agaknya kini juga ikut menyebar ke industri kamera.

Kamera mirrorless terbaru Sony, A6700, dilaporkan tak lagi dijual dengan charger ataupun kabel data di dalam kotak kemasannya.

Model sebelumnya, Sony A6600 keluaran 2019, diketahui masih menyediakan charger USB di dalam kemasan, yang digunakan bersama kabel micro USB -juga ada dalam boks- untuk mengisi baterai di dalam kamera.

Baca juga: Alpha A6700 Resmi, Kamera Mirrrorless APS-C Teratas Sony

Kenapa Sony menghilangkan charger dari kemasan A6700?Seperti Apple, alasannya diduga terkait inisiatif lingkungan. Sony memang memiliki target mencapai zero environmental footprint pada 2030.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PetaPixel, Rabu (26/7/2023) Sony sebelumnya tidak mengumumkan bahwa A6700 tak akan datang dengan charger maupun kabel, ataupun menjelaskan apa hubungannya aksesori kamera tersebut dengan inisiatif lingkungan terkait.

A6700 sendiri menggunakan baterai tipe NP-FZ100, sama dengan kamera-kamera mirrorless full-frame besutan Sony.

Baca juga: Mengapa Apple Menjual Jajaran iPhone Terbaru Tanpa Charger?

Sebenarnya Sony juga menjual aksesori charger stand alone secara terpisah sehingga pengguna bisa membelinya untuk dapat melakukan charging di luar kamera.

A6700 pun bisa langsung dihubungkan ke charger smartphone atau powerbank dengan kabel USB tipe C untuk melakukan pengisian baterai di dalam kamera.

Sebagai flagship terbaru Sony untuk lini mirrorless APS-C, A6700 dibekali serangkaian teknologi dan fitur terkini, termasuk sensor 26 MP dengan IBIS, layar sentuh fully articulated, perekaman video hingga 4K 120 fps, hingga chip AI khusus untuk autofokus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com