Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Fitur Tambah Akun di WhatsApp, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Kompas.com - 14/08/2023, 10:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini, pengguna di media sosial (medsos) ramai membicarakan fitur baru yang tersedia di aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA. Fitur baru itu adalah fitur tambah akun WhatsApp.

Keramaian pembicaraan mengenai fitur tambah akun WhatsApp salah satunya bisa dilihat melalui twit dari akun dengan handle @tanyarlfes, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Muncul Tombol Baru “Share Screen” di Video Call WhatsApp, Apa Fungsinya?

Pada twit tersebut, pengirim mengatakan, WhatsApp sekarang sudah bisa menambahkan akun dalam satu aplikasi, sehingga pengguna tak perlu memakai aplikasi pengganda (clone) WhatsApp untuk dapat memakai dua akun WA.

Sebagai informasi, aplikasi clone WhatsApp biasanya dibutuhkan ketika pengguna ingin menggunakan dua akun WA yang berbeda di satu handphone (HP). Pada twit yang tertera di atas, pengirim juga menyertakan tangkapan layar bentuk fitur tambah akun WhatsApp.

Melalui tangkapan layar itu, fitur tambah akun WhatsApp diketahui berada dalam tombol panahdi sebelah kanan tombol kode QR profil WA. Ketika tombol panah itu ditekan, fitur tambah akun WhatsApp akan muncul.

Twit di atas mendapatkan berbagai respon dari banyak pengguna. Beberapa di antaranya, ada yang mengatakan tidak bisa mengakses fitur tambah akun WhatsApp seperti yang disampaikan oleh pengirim di twit tersebut.

Mengingat fitur ini ramai dibicarakan dan ada yang belum bisa mengakses, lantas bagaimana cara mendapatkan fitur tambah akun WhatsApp? Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelasan ketersediaan fitur tambah akun WhatsApp di bawah ini.

Ketersediaan fitur tambah akun WhatsApp

Fitur tambah akun WhatsApp atau bisa juga disebut dengan fitur multi-account sayangnya belum bisa dicoba oleh semua pengguna. Dikutip dari WABetaInfo, laman pembocor fitur-fitur baru WhatsApp, fitur tambah akun WhatsApp masih dirilis secara terbatas.

Fitur baru tersebut saat ini masih digelontorkan secara terbatas pada aplikasi WhatsApp versi Beta untuk Android saja. Perlu diketahui, WhatsApp Beta merupakan aplikasi yang sediakan untuk pengembang agar dapat membantu melakukan uji coba fitur baru.

Baca juga: 10 Ciri WhatsApp Disadap, Perhatikan untuk Menjaga Akun Tetap Aman

Tidak semua pengguna bisa menjajal WhatsApp Beta. Pengguna perlu registrasi dulu bila ingin menjadi pengembang dan mendapatkan akses ke aplikasi WhatsApp Beta. Namun, registrasinya sekarang telah ditutup karena jumlah pengembang sudah penuh.

Fitur tambah tambah akun WhatsApp atau fitur multi-account sejatinya sudah muncul pada WhatsApp Bisnis Beta Android versi 2.23.13.5 yang dirilis pada Juni lalu.

Namun, untuk versi yang non-Bisnis, fitur tambah akun WhatsApp baru hadir di aplikasi WhatsApp Beta Android versi 2.23.17.8 yang mulai digulirkan sekitar 10 Agustus kemarin.

Kini, pengguna yang memakai aplikasi WhatsApp beta itu sudah bisa menjajal fitur tambah akun WhatsApp. Fitur ini secara umum punya pengoperasian mirip dengan penambahan akun di aplikasi buatan Meta (induk perusahaan WhatsApp) yang lain seperti Instagram dan Facebook.

Fitur multi-account memungkinkan pengguna untuk menambahkan akun WhatsApp yang berbeda di satu aplikasi. Setelah akun lain ditambahkan, pengguna dapat beralih dari satu akun ke akun lainnya.

Lalu, bagaimana cara tambah akun WhatsApp? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara tambah akun WhatsApp.

Cara tambah akun WhatsApp

Jika memakai aplikasi WhatsApp Beta, pengguna dapat menambahkan akun WhatsApp dengan cara sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan di aplikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya, pada foto profil, klik tombol panah.
  • Kemudian, pilih opsi “Tambah Akun” atau “Add Account”.
  • Setelah akun berhasil ditambahkan, pengguna dapat beralih dari satu akun ke akun lainnya dalam satu aplikasi WhatsApp.

Fitur tambah akun WhatsApp kemungkinan besar bakal hadir ke semua pengguna secara umum (pengguna non-Beta) dalam beberapa minggu ke depan. Jadi, pengguna umum atau pengguna non-Beta harus bersabar dulu bila ingin menjajal fitur ini.

Baca juga: Ciri-ciri WhatsApp Sedang dalam Panggilan Lain yang Perlu Diketahui

Pengguna non-Beta dapat memantau secara berkala pembaruan WhatsApp yang tersedia di masing-masin toko aplikasi HP untuk bisa mendapatkan fitur tambah akun WhatsApp secara resmi. Demikian penjelasan fitur tambah akun WhatsApp yang lagi ramai, semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com