Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna iPhone 14 Pro Keluhkan "Battery Health" Cepat "Drop"

Kompas.com - 14/08/2023, 11:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - iPhone 14 Series dirilis pada September 2022 lalu. Meski belum genap setahun, sejumlah pengguna iPhone 14 Pro sudah mengeluhkan masalah baterai alias "Battery Health" yang cepat turun (drop) di ponsel mereka. 

Berbagai keluhan tersebut disampaikan oleh pengguna iPhone 14 Pro di jejaring sosial X (dulu Twitter).

Pengguna bernama Aaron Zollo, misalnya, mengeluh kapasitas maksimum alias Maximum Capacity baterai iPhone 14 Pro miliknya hanya mentok di 90 persen. 

Aaron mengatakan ini merupakan sebuah anomali. Sebab, ia tak pernah mengalami kapasitas maksimum baterai berada di angka 90 persen hanya dalam waktu kurang dari satu tahun setelah dirilis resmi ke pasaran.

"Saya belum pernah mengalami baterai drop ke angka di bawah 100 persen selama ini," ujar Aaron melalui akun Twitter dengan handle @zollotech.

Hal serupa juga disampaikan akun Twitter pengulas gadget Miles Above Tech dengan handle @milesabovetech.

Baca juga: Cara Cek Battery Health iPhone, Penting buat Mengetahui Kondisi Baterai

Berbeda dengan Aaron, Miles Above Tech mengaku Battery Health iPhone 14 Pro miliknya berada di angka 86 persen hanya dalam waktu 11 bulan penggunaan. 

Beberapa pengguna iPhone 14 Pro lain juga mengeluhkan hal yang sama. Mereka mengatakan bahwa kapasitas maksimum baterai ponsel mereka berkisar di angka 86-93 persen dalam waktu kurang dari satu tahun penggunaan. 

Baterai turun ke 80 persen dalam 500 kali siklus pengisian daya

Belum bisa dipastikan kenapa hal ini bisa terjadi dan mengapa kapasitas baterai iPhone 14 Pro bisa turun dalam waktu kurang dari satu tahun. Sebab, pihak Apple belum memberikan pernyataan resmi mengenai masalah ini.

Namun yang jelas, "kesehatan" baterai iPhone biasanya memang akan menurun seiring dengan siklus pengisian daya yang telah dilakukan.

Menurut laman resmi Apple, kapasitas baterai iPhone biasanya akan menurun ke 80 persen jika telah mengalami hingga 500 kali siklus pengisian daya. 

Sejumlah pengguna yang mengeluh di atas tak menyebut sudah berapa kali siklus pengisian daya yang dilakukan kepada iPhone 14 Pro mereka masing-masing.

Baca juga: Penyebab Battery Health iPhone Tidak Muncul atau Cuma Bertanda Strip

Namun, kapasitas baterai iPhone 14 Pro yang cepat drop ini konon juga dipengaruhi oleh sejumlah fitur yang baru pertama kali hadir di ponsel tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Senin (14/8/2023). 

Beberapa di antaranya seperti pemakaian iOS 17 versi beta, fitur Always-On display, pemakaian layar di tingkat kecerahan layar maksimal yang mencapai 2.000 nits, dan masih banyak lagi. 

Selain fitur-fitur ini, Apple juga bisa saja mengubah algoritma penghitungan kapasitas baterai di iPhone 14 Series.

Dengan begitu, kapasitas maksimum baterai mungkin juga akan terpengaruh dan boleh jadi akan drop dengan lebih cepat dari model iPhone lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com