Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tools AI buat Desain Modelling 3D untuk Pemula dan Profesional

Kompas.com - 14/08/2023, 14:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Alat Artificial Intelligence (AI) untuk desain modelling 3D adalah perangkat lunak atau aplikasi yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu dalam proses pembuatan model 3D.

Alat ini dapat membantu desainer dalam menciptakan objek tiga dimensi dengan lebih efisien dan kreatif. Pengguna yang menggunakan tools AI ini tentu akan memudahkan dalam mendesain dan menciptakan berbagai karya.

Pekerjaan dengan bantuan AI juga menjadi lebih cepat dan efisien. Lantas apa saja AI yang dapat membuat desain modelling 3D yang cocok baik untuk pemula dan profesional? Selengkapnya berikut ini beberapa tools-nya.

Baca juga: 5 Tools AI untuk Cek Grammar Bahasa Inggris Bantu Bikin Tugas

Luma.AI

Luma.aiLuma.ai Luma.ai

Luma.AI memungkinkan Anda untuk merekam berbagai macam objek 3D dari dunia nyata dan memasukkannya ke dalam perangkat lunak 3D. Luma AI memiliki kemampuan untuk membuat representasi visual objek di berbagai permukaan. Software satu ini bisa diakses melalui ponsel iOS. Pengguna bisa mencoba Luma.AI di lumalabs.ai.

Splin AI

Splin AI Splin AI Splin AI

Dengan Spline AI, pengguna bisa menciptakan adegan, objek, animasi, dan tekstur 3D dengan instruksi teks. Jika hasil awalnya tidak memuaskan, Anda tetap bisa melakukan pengeditan pada semua elemen menggunakan teks atau kendali alat 3D tradisional.

Beberapa fitur Splin AI meliputi membuat objek/adegan, mengedit, warna, alat peraga, animasi dan acara, dan berkolaborasi secara real time. Untuk mencoba Splin AI bisa menuju tautan berikut ini.

3DFY.ai

https://3dfy.ai/3dfy.ai https://3dfy.ai/

3DFY.ai merupakan tools AI modelling 3D yang masih berada dalam tahap versi Beta. Kendati demikian pengguna sudah bisa menggunakannya dengan menginstruksikan dengan teks dan mengubahnya menjadi model 3D.

Meskipun belum mampu menghasilkan berbagai jenis objek, namun untuk saat ini tools 3D ini sudah bisa membuat beberapa benda tertentu.

Di sini Anda dapat mengunduh model yang telah dibuat dalam tiga format yang berbeda, dan juga mengatur seberapa detail model dan resolusi teksturnya. Untuk mencobanya, pengguna bisa menuju tautan berikut ini.

Baca juga: 10 Contoh Artificial Intelligence dalam Kehidupan Sehari-hari

Meshcapade

meshcapademeshcapade.com meshcapade

Meshcapade berfokus pada pembuatan avatar, mengambil gambar 2D dan mengubahnya menjadi model 3D. Pengguna bisa menggunakan avatar ini untuk berbagai kebutuhan bisnis.

Khususnya untuk bisnis fashion, seperti mendesain pakaian, menyiapkan ruang pas virtual di toko e-commerce, atau meningkatkan pengalaman AR/VR. Pengguna bisa mencoba Meshcapade menuju laman meshcapade.com.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com