Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Baldur's Gate 3" Salip "Zelda Tears of the Kingdom" Jadi Game dengan Rating Tertinggi

Kompas.com - 15/08/2023, 18:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game "Baldur's Gate 3" yang dirilis pada 3 Agustus lalu, langsung menyalip The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom sebagai game terbaik di dua situs ulasan game, OpenCritic dan Metacritic.

Di situs OpenCritic, "Baldur's Gate 3" mendulang skor 97 dari total 45 ulasan oleh berbagai media game. Semua kritikus tersebut merekomendasikan gamer untuk mencicip permainan dengan genre Role-Playing Game (RPG) itu.

Sebagai perbandingan, "The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom" yang dirilis di Nintendo Switch, mendapatkan skor 96 dari 144 ulasan. Sebanyak 97 persen kritikus merekomendasikan pemain untuk menjajal game Nintendo tersebut.

Baldur's Gate 3 menjadi game keluaran 2023 dengan skor tertinggi di OpenCriticKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Baldur's Gate 3 menjadi game keluaran 2023 dengan skor tertinggi di OpenCritic

Dengan skor tersebut, Baldur's Gate 3 buatan Larian Studios ini tidak hanya memuncaki daftar game terbaik tahun 2023, tetapi juga daftar game dengan skor tertinggi sepanjang masa versi OpenCritic.

Beralih ke situs ulasan game Metacritic, "Baldur's Gate 3" menjadi game dengan ulasan terbaik dengan skor 97. Sebanyak 32 ulasan yang dibuat di berbagai media game, semuanya bernada positif.

Baldur's Gate 3 menjadi game keluaran 2023 dengan skor tertinggi di MetacriticKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Baldur's Gate 3 menjadi game keluaran 2023 dengan skor tertinggi di Metacritic
Posisi kedua masih diisi oleh "Zelda: Tears of the Kingdom" dengan skor 96. Terdapat 145 buah ulasan, 140 di antaranya bernada positif, sedangkan 5 ulasan bersifat campur-aduk (mixed).

Baca juga: Baru Dirilis di Steam, Game Overwatch 2 Dibanjiri Bintang Satu

Meski demikian, "Baldur's Gate 3" belum bisa menjadi game terbaik sepanjang masa versi Metacritic. Game ini menduduki posisi kedelapan, sedangkan peringkat pertama diduduki oleh "The Legend of Zelda: Ocarina of Time" (skor 99).

Melihat sejumlah ulasan dari media game populer, media GamesRadar+ yang memberi skor 5/5, menyebutkan bahwa game ini memiliki kedalaman yang luar biasa. Bahkan dalam bab pertama alias perkenalan, setiap misi bisa diselesaikan dengan cara atau pilihan yang bervariasi.

Oleh karena itu, pengalaman setiap pemain bisa berbeda-beda dan terasa lebih "personal".

Setiap karakter juga memiliki keunikannya sendiri dan memiliki hubungan yang cukup kompleks dengan pemain.

Ketika membangun hubungan romantis, pemain tidak bisa sembarangan memilih dialog, karena setiap karakter mempunyai cara berbeda untuk mengekspresikan diri, cita-cita, dan kedekatan emosional yang berbeda.

Aspek pilihan yang bervariasi juga diangkat oleh media The Guardian. Ribuan dialog yang tersedia seolah-olah membuat game tersebut terasa "hidup" dan bisa menjawab setiap dialog yang dipilih pemainnya.

Kekurangannya, game ini memiliki peta (map) yang terlalu luas, sehingga sering membuat pemainnya kewalahan.

Terkadang pemain bisa menghabiskan satu hari hanya untuk menelusuri sebuah lokasi kecil, untuk mengungkap semua informasi yang tersedia di lokasi tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Guardian, Selasa (15/8/2023).

Selanjutnya, situs NME (skor 5/5) mengatakan bahwa "Baldur's Gate 3" merupakan sebuah game dengan skala dan kebebasan yang tak tertandingi. Setiap misi yang ada menawarkan gameplay yang unik, sehingga permainan tidak terasa repetitif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com