Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netflix Rilis Aplikasi Baru, Bisa Ubah iPhone dan iPad Jadi Controller Game

Kompas.com - 11/08/2023, 16:05 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Netflix merilis aplikasi baru bernama "Netflix Game Controller". Sesuai namanya, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengubah smartphone dan tablet menjadi controller untuk main game Netflix di televisi.

Saat ini, Netflix Game Controller sudah bisa diunduh secara gratis di toko App Store untuk platform iOS. Namun, software ini belum tersedia di Google Play Store untuk platform Android. Artinya baru iPhone dan iPad saja yang bisa diubah menjadi controller game dengan aplikasi ini.

Meski sudah bisa diunduh, informasi terkait aplikasi controller Netflix ini masih terbatas.

Belum diketahui apa saja game yang mendukung controller tersebut, bagaimana cara menghubungkannya dengan televisi, dan apakah controller tersebut bakal tersedia di Android atau tidak.

Baca juga: Game Sonic Prime Dash Resmi Dirilis, Pelanggan Netflix Bisa Main Gratis

Dalam deskripsi di App Store, hanya tertera tulisan "segera hadir" di Netflix.

Kemudian, deskripsi itu pun menjelaskan bahwa pengguna dapat menghubungkan perangkat mobile ke televisi, lalu menggunakan perangkat itu sebagai controller saat bermain game Netflix.

Halaman App Store juga menunjukkan tampilan controller Netflix. Pada bagian atas controller, terdapat logo Netflix dan simbol tiga garis vertikal (burger line) yang belum diketahui fungsinya.

Tampilan Netflix Game ControllerApp Store Tampilan Netflix Game Controller
Selanjutnya, ada analog berwarna abu-abu pada bagian kiri bawah controller dan tombol "ABYX" di bagian kanan. Controller tersebut memiliki latar belakang berwarna hitam.

Terakhir, halaman tersebut menunjukkan bahwa Netflix Game Controller kompatibel dengan iPhone, iPad, dan iPod touch.

Menurut halaman itu, aplikasi ini membutuhkan sistem operasi (OS) iOS 15.0 atau lebih baru untuk iPhone dan iPod Touch, sedangkan iPad mesti menjalankan iPadOS 15.0 atau lebih baru.

Netflix Game Controller memerlukan ruang media penyimpanan (storage) sebesar 29,7 MB.

Setelah aplikasi diunduh, pengguna nantinya diminta untuk memilih game lewat televisi, dan mengikuti deretan langkah untuk menghubungkan perangkat mobile dengan televisi.

Tampilan Netflix Game ControllerThe Verge Tampilan Netflix Game Controller
Akan tetapi, aplikasi controller tersebut masih belum memiliki kegunaan, karena layanan Netflix Games sendiri belum tersedia di televisi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (11/8/2023).

Tidak diketahui kapan layanan tersebut akan menyambangi televisi, tetapi tampilan menu aplikasi mengungkap bahwa Netflix Games akan meluncur dalam tahap beta. Oleh karena itu, sejumlah perangkat kemungkinan tidak akan didukung ketika Netflix Games dirilis di televisi.

Tidak hanya televisi

Sebagai informasi, Netflix sudah mengumbar rencananya untuk "melebarkan" sayapnya dari game mobile ke platform lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com