Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Doodle Spesial Hari Kemerdekaan Indonesia, Tampilkan Ilustrasi Lomba Khas Agustusan

Kompas.com - 17/08/2023, 07:15 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada yang berbeda di laman Google.com pada Kamis (17/8/2023) hari ini. Sebab, tulisan "Google" kini diilustrasikan sedemikian rupa lewat sejumlah orang yang sedang melakukan beberapa kegiatan dengan visual dan warna ciamik.

Ketika gambar tersebut diklik, pengguna akan disuguhi dengan hasil pencarian dari kata kunci "Indonesia Independence Day" alias Hari Kemerdekaan Indonesia

Nah, menurut laman resmi Google, ilustrasi yang biasa disebut doodle ini dibuat oleh seniman asal Jawa Barat bernama Diela Maharanie, dan doodle ini dipajang untuk merayakan momen hari ulang tahun (HUT) ke-78 RI yang jatuh pada 17 Agustus 2023

Google menjelaskan bahwa doodle tersebut menampilkan beberapa orang yang sedang melakukan kegiatan lomba untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia atau HUT ke-78 RI. Biasanya, kegiatan ini disebut dengan "17 Agustusan". 

Baca juga: Google Search Kini Bisa buat Cek Grammar

Pada Google Doodle 17 Agustus 2023 tersebut, pengguna bisa melihat pria yang sedang melakukan olahraga sepak takraw yang melambangkan huruf "G", serta ibu dan anak yang sedang bermain badminton yang melambangkan huruf "OO". 

Lalu, ada sosok perempuan di atas kursi roda sedang makan kerupuk (lomba kerupuk) yang melambangkan huruf "G".

Untuk dua huruf terakhir, huruf "L" dilambangkan oleh perempuan yang sedang lomba balap karung dan huruf "E" diwakili oleh sepasang ayah dan anak yang sedang melakukan kegiatan pencak silat.

Ilustrasi laman hasil pencarian di Google.com yang dihiasi dengan animasi konfeti merah putih.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi laman hasil pencarian di Google.com yang dihiasi dengan animasi konfeti merah putih.

Selain doodle, kemeriahan HUT ke-78 RI di Google.com juga dirayakan dengan animasi yang menampilkan banyak potongan kertas, alias konfeti berwarna merah dan putih, simbol warna bendera Indonesia, yang akan menghiasi laman hasil pencarian.

Ketika mengeklik gambar Google Doodle hari ini, misalnya, pengunjung Google.com akan "disambut" dengan konfeti yang jatuh dari bagian atas hingga ke bagian bawah layar. 

Agar penampakan konfeti merah putih lebih terlihat, pengguna disarankan menggunakan tampilan "mode malam" alias dark mode di perangkat mereka.

Baca juga: Coba “Googling” Kode Rahasia Ini di Google, Ada Banyak Animasi Unik

Apabila menggunakan browser internet Chrome, mode malam bisa diaktifkan dengan cara klik ikon gerigi di pojok kanan atas > gulir ke bawah ke menu "appearance/tampilan" > pilih "dark theme"/tema gelap.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Google.com, Kamis (17/8/2023), pengguna yang ingin melihat doodle Google HUT ke-78 RI ini bisa mengakses situs Google.com via browser internet di desktop (PC) atau di smartphone mereka masing-masing.

Meski diakses di dua perangkat yang berbeda, pengguna akan tetap bisa melihat Google Doodle dan animasi konfeti yang sama.

Namun, tampilan konfeti merah putih di laman hasil pencarian Google setiap perangkat akan berbeda, lantaran animasi tersebut menyesuaikan ukuran layar perangkat yang digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com