Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Gmail yang Diretas dan Menjaga Keamanan Akun

Kompas.com - 20/08/2023, 11:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Akun Gmail merupakan bagian penting bagi pengguna. Biasanya beberapa pengguna menggunakan akun Gmail untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari login berbagai aplikasi media sosial hingga perbankan.

Maka dari itu pengguna diharapkan untuk selalu menjaga keamanan akun Gmail. Namun tak jarang beberapa pengguna menjadi korban kejahatan siber, salah satunya akun Gmail yang diretas/di-hack.

Hal ini tentu sangat membahayakan, terlebih lagi apabila pengguna mencantumkan e-mail untuk berbagai keperluan penting. Namun tak perlu langsung panik, Anda bisa mengatasi e-mail yang diretas dengan beberapa langkah berikut ini. Simak uraian selengkapnnya.

Baca juga: Lupa Password Gmail? Begini 6 Cara Mengatasinya, Mudah dan Praktis

Mengubah kata sandi Gmail

Jika Anda masih bisa masuk ke akun Gmail, itu berarti peretas belum (belum) mengunci akun Anda. Anda akan menjadi lebih mudah memulihkan akun dan memblokir akses peretas. Begini caranya:

  • Buka akun Gmail Anda
  • Pilih "Security" di panel sebelah kiri
  • Di bawah menu “Recent security events,” pilih “Review security events” untuk melihat aktivitas terakhir pada akun Anda

Apabila Anda melihat aktivitas mencurigakan dari hacker, maka pilih "See unfamiliar activity"
Selanjutnya ikuti langkah-langkah di layar untuk mengamankan akun Anda.

Anda akan diminta untuk mengubah kata sandi dan pastikan untuk membuat kata sandi yang kuat, unik, dan rumit dengan panjang minimal 12 karakter. 

Masuk ke halaman pemulihan akun

Jika Anda terlanjur tidak dapat masuk ke akun Gmail, maka dapat menuju halaman pemulihan akun (Account Recovery) mendapatkan kembali akses ke e-mail Anda dan mengeluarkan peretas yang mungkin menggunakannya.

Pada halaman pemulihan, Anda akan diminta untuk menjawab sejumlah pertanyaan. Semakin banyak pertanyaan yang Anda jawab dengan benar, semakin yakin Google bahwa Anda adalah pemilik sah dari akun Gmail Anda.

Tips untuk memulihkan akun Gmail

  • Gunakan perangkat dan lokasi yang Anda kenal. Google mengenali perangkat, browser, dan lokasi tempat Anda biasanya masuk. Ini akan membantu Google meyakinkan bahwa Anda benar-benar pemilik akun.
  • Berikan jawaban yang benar terkait kata sandi dan pertanyaan keamanan Anda. Selanjutnya, Google akan meminta informasi tentang kata sandi dan pertanyaan keamanan yang telah Anda tentukan sebelumnya.
  • Usahakan menjawab dengan sejelas mungkin, perhatikan penulisan dan huruf besar-kecil dengan cermat.
  • Masukkan alamat e-mail pemulihan atau nomor telepon pemulihan Anda. Jika Anda telah menyiapkan alamat e-mail pemulihan sebelumnya, Google akan meminta Anda memasukkannya.
  • Setelah Anda memberikan alamat e-mail ini, Google akan mengirimkan e-mail pemulihan ke alamat tersebut.

Fitur pemeriksaan keamanan

Fitur Pemeriksaan Keamanan dari Google adalah seperti daftar periksa yang akan membantu membuat akun Google Anda lebih aman.

Ini juga membantu Anda mengetahui bagian mana dari akun Anda yang bisa saja diakses oleh peretas. Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan.

Periksa tentang Kata Sandi

Jika Anda menyimpan kata sandi menggunakan layanan Google, Fitur Pemeriksaan Keamanan akan menunjukkan jika kata sandi Anda sudah digunakan oleh orang lain. Kalau iya, segera ganti kata sandi Anda dengan yang baru, yang unik dan sulit ditebak.

Periksa kontak Anda

Lihat apakah kontak Anda sudah diunduh oleh pihak lain. Jika iya, Anda bisa memberi tahu teman-teman Anda untuk berhati-hati dengan e-mail yang mencurigakan atau mungkin palsu.

Periksa Google Wallet And

Jika Anda menggunakan Google Wallet, lihat apakah ada transaksi yang tidak Anda lakukan. Jika iya, Anda bisa melaporkan masalah ini ke Google. 

Baca juga: Google Bersih-bersih, Gmail yang Tidak Aktif Bakal Dimatikan dan Dihapus Datanya

Cara mencegah Gmail diretas

Berikut ini beberapa cara mencegah Gmail diretas.

Mengganti kata sandi secara berkala

Anda bisa mengganti kata sandi secara berkala untuk meningkatkan keamanan akun Google Anda. Anda bisa menggantinya dengan mengeklik “Personal Info” di menu samping pengaturan Google. Lalu gulir layar ke bawah hingga menemukan “Password”.

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah (2SV)

Verifikasi dua langkah menambahkan lapisan keamanan ekstra. Setelah mengaktifkannya, Anda akan memerlukan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS atau aplikasi autentikasi setiap kali ingin masuk ke akun Anda. Cara mengaktifkan verifikasi dua langkah dapat menuju tautan berikut ini.

Adapun cara menjaga keamanan akun Gmail selengkapnya bisa Anda simak di artikel "3 Cara Menjaga Keamanan Akun Gmail agar Tidak Mudah Ditembus Peretas". Semoga membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com