Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Banyak Komputer Jadul Berwarna Beige atau Krem?

Kompas.com - Diperbarui 21/08/2023, 07:39 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Komputer kini telah berkembang pesat dan memiliki desain yang beragam, termasuk dari urusan warnanya. Pengguna sekarang bisa membeli komputer dengan berbagai varian warna.

Contoh komputer dengan banyak varian warna itu bisa dilihat lewat salah satu komputer Apple keluaran 2021, yaitu iMac 24 inci M1, yang terdiri dari warna merah, pink, ungu, hijau, biru, oranye, dan kuning.

Baca juga: Apple Rilis Kode Penting Lisa, Komputer Pertama Apple yang Meluncur 40 Tahun Lalu

Dengan banyak varian warna yang seperti itu, komputer kini tak lagi tampak membosankan. Jika kembali ke tahun 1980’an hingga 1990’an, komputer dari berbagai merek agaknya memiliki desain dan warna yang monoton.

Sebagian dari kita yang telah melewati era tersebut mungkin masih mengingat jika banyak komputer jadul (zaman dulu) yang sama-sama memakai warna beige. Untuk diketahui, warna beige merupakan warna krem, putih kusam, atau biasa disebut dengan warna kuning gading.

Berbeda dengan sekarang, komputer jadul yang kiranya masih dikhususkan sebagai perangkat bisnis di era 1990’an didominasi warna beige. Bahkan tak cuma komputer, perangkat bisnis lain seperti mesin fotokopi dan fax, juga didominasi warna beige.

Warna beige yang digunakan pada perangkat bisnis bukanlah suatu hal yang kebetulan. Komputer awal buatan IBM yang keluar pada 1980’an, seperti IBM Personal Computer dan IBM PC/AT, memiliki desain kotak dan berwarna beige.

IBM Personal Computer berwarna beige, yang dirilis pada 1981.IBM IBM Personal Computer berwarna beige, yang dirilis pada 1981.

Desain dan warna dari komputer IBM itu bisa dibilang akhirnya menjadi standar perangkat bisnis yang banyak ditiru di kemudian hari oleh kompetitornya. Alhasil, desain kotak dan warna beige mendominasi industri komputer.

Di era 1980’an, gambaran atau bayangan pengguna tentang komputer pun sudah lekat dengan warna beige. Sebagai informasi, komputer-komputer awal buatan Apple juga menggunakan warna krem.

Akan tetapi, dikutip dari How to Geek, menariknya adalah bahkan setelah Apple mengeluarkan komputer dengan warna yang disebut sebagai “Platinum" pada tahun 1987, pengguna terus menyebut komputer Apple itu berwarna beige.

Baca juga: Mengapa Desain Smartphone Kini Tampak Hampir Mirip Semua?

Komputer Apple IIe Platinum keluaran 1987 yang banyak disebut pengguna berwarna beige.computinghistory.org.uk Komputer Apple IIe Platinum keluaran 1987 yang banyak disebut pengguna berwarna beige.

Melihat fenomena yang berbanding terbalik dengan saat ini, lantas kenapa komputer jadul berwarna beige? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah alasan komputer jadul banyak berwarna beige.

Alasan komputer jadul banyak berwarna beige

Ada beberapa alasan yang mendasari kenapa komputer jadul berwarna beige. Alasan itu secara umum meliputi faktor produksi, psikologis, dan tampilan.

Warna beige lebih murah

Alasan yang pertama adalah warna beige dinilai lebih murah untuk digunakan memproduksi komputer. Pendapat ini cukup masuk akal. Plastik pada komputer awalnya tidak langsung berwarna. Untuk membuatnya jadi berwarna, plastik itu ditambahkan dengan pigmen.

Bahan tambahan pigmen itu tersedia dalam berbagai warna, tetapi tidak semua warna punya harga yang sama. Perbedaan biaya antar pigmen yang berbeda bisa sangat signifikan. Warna cerah seperti merah cerah dan biru membutuhkan pigmen yang lebih mahal.

Di sisi lain, warna krem atau beige umumnya lebih murah dan lebih mudah untuk diproduksi. Dengan harga yang lebih murah, warna beige memungkinkan dipilih menjadi warna komputer karena dapat menghemat ongkos produksi.

Memiliki nilai psikologis yang positif

Alasan komputer jadul banyak berwarna beige yang kedua adalah warna beige dianggap memiliki nilai psikologis yang positif. Warna beige kerap dikaitkan dengan ketenangan, kesederhanaan, dan keamanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com