Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Gadget Layar Lipat Berikutnya yang Bakal Dibikin Samsung

Kompas.com - 21/08/2023, 14:22 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung dipastikan bakal memperluas lini perangkat layar lipatnya menjadi bukan sekadar ponsel saja. Bos gadget Samsung memberikan bocoran perangkat layar lipat apa saja yang akan dirilis Samsung di masa mendatang.

"Perangkat lipat akan diperluas ke kategori lain seperti tablet dan PC, serta terus berkembang ke depannya," kata Presiden dan Kepala Divisi Mobile Experience Samsung, TM Roh usai peluncuran ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold 5, Z Flip 5 di Korea awal Agustus lalu.

Menurut Roh, tablet merupakan kategori produk yang bagus dan memungkinkan dilengkapi mekanisme lipat. Ia menganalogikan perangkat lipat itu seperti sebuah buku. Konsep ini juga membuat Roh yakin mewujudkan tablet lipat menjadi produk nyata.

"Mengapa Samsung Mobile dan saya begitu yakin dengan perangkat lipat? Karena membaca buku atau memakai buku catatan, sudah menjadi bagian dari sejarah dan fitrah manusia sejak lama," jelas Roh.

Baca juga: Membosankan dan Mirip Semua, Alasan Samsung Bikin Ponsel Layar Lipat

Bos Samsung itu juga berkata bahwa orang-orang membuka buku untuk dibaca atau buku catatan untuk menulis sesuatu. Nah, ketika buku tersebut tidak digunakan, benda itu akan disimpan atau ditaruh sementara dalam keadaan dilipat. Mekanisme ini menurut Roh lebih ringkas dan portabel.

Adapun konsep lipat sudah diterapkan Samsung pada smartphone. Ke depannya, Roh memastikan lagi bahwa perusahaannya bakal meluncurkan tablet dan laptop lipat ketika teknologinya sudah siap dirilis secara komersil.

"Apa yang sudah diterapkan ke smartphone, akan menyebar ke tablet dan laptop juga," ujarnya.

"Setelah teknologi dasar itu dikembangkan, dan kami yakin produk itu siap memberikan inovasi yang berarti bagi konsumen, tentunya kami akan memperkenalkannya," lanjut bos gadget Samsung itu.

Baca juga: Adu Spek Galaxy Tab S9 Ultra Vs iPad Pro M2, Tablet Termahal Samsung dan Apple

Kendati berencana membuat perangkat lipat baru, Roh menyatakan bahwa perangkat itu tidak akan menggantikan smartphone, melainkan sebagai pendamping ponsel pintar. Jadi perangkat itu akan melengkapi ekosistem Samsung yang saling terhubung satu sama lain.

Sayangnya dia tidak mengungkapkan tenggat waktu kapan tablet lipat dan laptop lipat Samsung bakal dirilis. Jadi, belum dapat dipastikan kapan perangkat itu hadir di tengah konsumen, dihimpun KompasTekno dari Independent, Senin (21/8/2023).

Punya dua lipatan?

Sebelum bos Samsung itu mengungkapkan rencana perusahaan, bocoran soal keberadaan tablet lipat Samsung sudah beredar di internet.

Baca juga: Desainer Samsung Z Fold 5 Ternyata Jebolan Mercedes-Benz, Ceritakan Bedanya Rancang Mobil dan HP

Salah satu bocorannya berasal dari pembocor ulung bernama "Revegnus" melalui akun Twitter-nya dengan handle @Tech_Reve. Menurut dia, perangkat tersebut akan bernama Samsung Galaxy Z Tab.

Samsung juga disebut-sebut sudah mematenkan sebuah desain perangkat lipat yang diduga kuat sebagai tablet lipat. Paten tersebut diajukan ke kantor paten dunia (WIPO) dan AS (USTPO) pada 2021 lalu.

Situs web teknologi LetsGoDigital lantas menjadikan informasi dalam paten ini sebagai acuan untuk membuat gambar render 3D terkait perangkat foldable itu.

Ilustrasi gambar render 3D yang mengacu pada paten perangkat lipat Samsung.LetsGoDigital Ilustrasi gambar render 3D yang mengacu pada paten perangkat lipat Samsung.

Dalam gambar yang dibagikan LetsGoDigital, bisa dilihat bahwa Galaxy Z Tab nantinya bakal memiliki layar yang cukup lebar, mungkin menyerupai layar sebuah laptop.

Nantinya, tablet lipat tersebut memiliki dua lipatan. Kedua lipatan itu berada di bagian kiri dan kanan layar ke dalam (inward), sehingga layar tablet akan tertutup sepenuhnya.

Selain dilipat ke dalam, layar tablet ini juga bisa dilipat ke luar (outward), dengan begitu akan menyisakan layar yang lebih ringkas dan mudah digenggam.

Meski sudah ada patennya, belum bisa dipastikan apakah informasi yang ada di dalam paten ini benar-benar untuk Galaxy Z Tab atau tidak. Kita nantikan saja informasi lanjutan terkait tablet lipat Samsung ini dalam beberapa waktu ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com