Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Legendaris PS1 "Metal Slug" Hadir di Android dan iOS, Server Sudah Dibuka

Kompas.com - 22/08/2023, 11:29 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengembang dan penerbit game asal Vietnam, VNG Game Studios, meluncurkan salah satu game waralaba (franchise) legendaris di konsol PlayStation 1 (PS1), yaitu Metal Slug.

Hadir dengan nama Metal Slug Awakening, game ini sudah bisa di-download dan dimainkan perangkat di Android serta iOS mulai Selasa (22/8/2023) pukul 09.00 WIB.

Sesaat setelah server dibuka, KompasTekno turut mencoba game ini. Sepengalaman kami, Metal Slug Awakening masih mengusung mekanisme bermain (gameplay) klasik ala Metal Slug lawas, yaitu side-scrolling.

Dengan ini, pemain hanya akan bisa mengontrol karakter ke kiri, kanan, atas, dan bawah. 

Ilustrasi gameplay Metal Slug Awakening.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi gameplay Metal Slug Awakening.

Secara alur cerita, Metal Slug Awakening tampaknya diadaptasi dari salah satu game Metal Slug yang dirilis di Neo Geo pada 1999 dan di PS1 pada 2001 lalu, yaitu Metal Slug X.

Artinya, pemain akan disuguhkan dengan suasana peperangan di tengah gurun pasir untuk misi pertama mereka. 

Sama seperti Metal Slug X pula, Metal Slug Awakening mengizinkan pemain memilih satu dari empat karakter yang tersedia. Nama-nama karakter tersebut sama seperti game orisinalnya, yaitu Marco Rossi, Eri Kasamoto, Tarma Roving, dan Fio Germi. 

Baca juga: Game Lawas Red Dead Redemption Kini Meluncur di PS4 dan Nintendo Switch

Ilustrasi pemilihan karakter Metal Slug Awakening.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi pemilihan karakter Metal Slug Awakening.

Setelah memilih karakter, pemain lantas akan melaju ke depan (ke kanan) untuk membasmi musuh yang menghadang, menyelamatkan para sandera, serta mendapatkan beragam senjata dan kekuatan untuk mempermudah jalannya permainan.

Mereka juga bisa menaiki sejumlah kendaraan ikonik yang ada di game Metal Slug seperti tank "Metal Slug", pengebor tanah "Drill Slug", robot "Heavy Mecha", hewan "Sonic Alpaca", mobil "Metal Express", hingga unta "SV-Camel".

Dengan kata lain, gameplay Metal Slug Awakening bisa dibilang akan mirip dengan Metal Slug X, namun dengan sedikit peningkatan kualitas visual dan beberapa penambahan fitur baru.

Kendaraan tank Metal Slug di Metal Slug Awakening.KOMPAS.com/Bill Clinten Kendaraan tank Metal Slug di Metal Slug Awakening.

Gameplay ala RPG dan bisa multiplayer

Metal Slug Awakening juga mengusung gameplay ala Role-playing Game (RPG). Pemain bisa berkumpul dalam satu ruangan dan menjalankan misi bersama. Di sinilah fitur multiplayer akan bisa digunakan.

Pemain bisa menentukan peran masing-masing dalam misi. Misalnya peran "healer" di mana pemain akan bisa menyembuhkan rekan mereka saat berperang.

Nah, untuk memeriahkan momen peluncuran, VNG Game Studios menyebut bahwa pemain yang masuk (login) ke Metal Slug Awakening dalam tujuh hari kedepan akan mendapatkan sejumlah hadiah di dalam game (in-game item) secara cuma-cuma.

Baca juga: Game PC Buatan Indonesia Kriegsfront Tactics Bisa Dicoba Gratis, Begini Caranya

Beberapa di antaranya seperti skin senjata, karakter, hingga kendaraan eksklusif gratis, hingga hadiah uang di dalam game (in-game currency) yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengalaman bermain di dalam game.

Untuk memainkan Metal Slug Awakening, pengguna bisa mengunduh game tersebut melalui tautan berikut ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com