Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei di Sentra Ponsel Jakarta dan Tangerang, HP RAM Besar Banyak Dicari Pembeli

Kompas.com - Diperbarui 04/07/2023, 11:36 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat hendak membeli smartphone baru, sebagian besar pembeli akan memiliki berbagai pertimbangan. Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah soal spesifikasi.

Sebab, prioritas atau kebutuhan spesifikasi smartphone bisa berbeda-beda setiap orang. Pengguna yang suka berfoto-foto kemungkinan akan mencari ponsel dengan kamera yang mumpuni, sedangkan para gamers mungkin bakal mengincar prosesor yang gahar.

Lantas, spesifikasi ponsel seperti apa yang paling banyak dicari pembeli sebelum meninang smartphone baru?

Untuk mengetahui hal tersebut, KompasTekno mengunjungi setidaknya 29 konter HP yang tersebar di pusat perbelanjaan di Jakarta dan Tangerang pada pertengahan Juni 2023.

Lebih spesifiknya, kami "blusukan" ke ITC Roxy Mas, Mal Ambassador, ITC Kuningan, ITC Cempaka Mas, Pusat Grosir Cililitan (PGC), serta Supermal Karawaci.

Baca juga: HP Murah Infinix dan Oppo Banyak Diburu di Pusat Perbelanjaan Ponsel

Berdasarkan penelusuran, kapasitas RAM dan memori internal yang besar kini menjadi spesifikasi yang banyak diincar calon pembeli. Selain kapasitas RAM dan memori yang besar, kamera beresolusi tinggi dan dukungan NFC juga cukup banyak dicari. Berikut ulasan selengkapnya.

RAM dan storage besar

Suasana pengunjung ITC Roxy Mas yang semakin sepi di setiap lantainyaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Suasana pengunjung ITC Roxy Mas yang semakin sepi di setiap lantainya
Dari 29 konter yang dikunjungi, sebanyak 23 toko di antaranya mengatakan bahwa pengunjung umumnya mencari ponsel dengan RAM yang besar, sekitar 4 hingga 8 GB.

"Pengunjung carinya RAM, baik buat kebutuhan gaming maupun produktivitas. Fitur virtual RAM juga sangat membantu, misalnya dari 6 GB ditambah 6 GB lagi," kata seorang staf di salah satu toko di ITC Cempaka Mas.

Bahkan salah satu staf toko di ITC Roxy mengatakan bahwa brand sebuah HP tidak menjadi pertimbangan utama, yang penting gawai tersebut tidak lemot. Secara teori, kapasitas RAM yang besar, cukup mampu mendukung performa smartphone yang cepat pula.

"(Pengunjung) kebanyakan cari spesifikasi RAM. Sekarang cari brand percuma, yang penting mah RAM, jadi ponselnya tidak lemot," kawab Reinhart dan Candra dari toko Famous Store.

Selain RAM, media penyimpanan alias storage pun juga dicari konsumen, meski jumlah toko yang mengatakan hal itu lebih sedikit, yakni 6 toko saja.

"Kalau sekarang, pengunjung sudah lihat review di YouTube, sih. Biasanya memang mencari storage yang besar seperti 256 GB," ungkap Azriel, karyawan gerai Erafone di Supermal Karawaci.

Baca juga: Kondisi Pusat Perbelanjaan HP di Jakarta dan Tangerang, Gerai Ponsel Sepi, Aksesori Ramai

Baterai jumbo dan NFC

Suasana pusat perbelanjaan Mal Ambassador yang sepi pengunjung pada Senin (12/6/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten Suasana pusat perbelanjaan Mal Ambassador yang sepi pengunjung pada Senin (12/6/2023).
Sektor baterai juga sering menjadi incaran pengguna, terutama gamers. Setidaknya, ada tujuh dari 29 konter yang didatangi mengatakan demikian. Adapun kapasitas baterai yang diburu adalah 5.000 mAh ke atas.

"Konsumen ke sini biasanya cari HP dengan baterai kapasitas 5.000 mAh," jawab seorang staf dari toko 8 Cellular di Mal Ambassador.

"Baterai besar menjadi pertimbangan para gamers buat urusan gaming. Misalnya, smartphone Tecno Pova yang punya baterai 6.000 mAh, lebih besar dari HP Android lainnya," kata Azmi dari toko Jago Ponsel Indo di Supermal Karawaci.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com