Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Algoritma dalam Ilmu Komputer dan Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 27/08/2023, 14:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Istilah algoritma erat kaitannya dengan teknik pemecahan masalah pada sistem komputasi. Misalnya saja dalam ilmu komputer, algoritma membentuk dasar pemorograman komputer yang digunakan untuk memecahkan masalah mulai dari penyortiran dan pencarian sederhana hingga kompleks, seperti Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning.

Dalam AI dan Machine Learning, algoritma digunakan untuk mengembangkan sistem yang dapat melakukan tugas-tugas seperti pengenalan gambar, pemrosesan bahasa alami, dan pengambilan keputusan.

Namun algoritma sendiri tak hanya berkutat pada sistem ilmu komputer, matematika, atau data. Tanpa disadari dalam kehidupan sehari-hari, aktivitas yang kita lakukan merupakan bagian dari algoritma. Untuk uraian lebih lanjut berikut ini beberapa contoh algoritma dalam ilmu komputer dan kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Pengertian Algoritma Pencarian dan Jenis-jenisnya

Contoh algoritma dalam ilmu komputer

Berikut ini beberapa contoha algoritma dalam ilmu komputer

Pencarian binary

Pencarian binary juga dikenal sebagai pencarian biner, adalah algoritma pencarian yang digunakan untuk mencari elemen tertentu dalam suatu daftar atau larik yang sudah diurutkan.

Metode ini bekerja dengan membandingkan elemen tengah dari daftar dengan elemen yang ingin dicari, dan berlanjut dengan membagi daftar menjadi dua bagian, kemudian mengabaikan salah satu bagian berdasarkan hasil perbandingan. Proses ini terus berlanjut hingga elemen yang dicari ditemukan atau daftar berkurang menjadi kosong.

Fibonacci

Dalam konteks algoritma dan pemrograman, "Fibonacci" merujuk pada deret Fibonacci atau Sekuens Fibonacci, yang merupakan urutan angka yang dihasilkan berdasarkan aturan matematis tertentu. Deret Fibonacci sangat sering digunakan dalam berbagai algoritma dan masalah pemrograman. Salah satu contoh paling terkenal adalah perhitungan bilangan Fibonacci.

Pencarian linear

Pencarian Linear adalah salah satu jenis algoritma pencarian yang digunakan untuk mencari suatu elemen tertentu dalam kumpulan data atau daftar dengan cara menginspeksi satu per satu elemen dalam urutan linear, dari awal hingga akhir, hingga elemen yang dicari ditemukan atau seluruh daftar telah diperiksa.

Contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari

Berikut ini beberapa contoh algoritma dalam aktivitas sehari-hari.

Merencanakan tur

Sebelum memulai perjalanan, Anda akan mempertimbangkan banyak faktor, antara lain lokasi, waktu terbaik mengunjungi lokasi, cara transportasi, tempat wisata terdekat, akomodasi, dan lain sebagainya. Urutan tindakan ini disebut sebagai algoritma.

Menyelesaikan tugas

Ketika seorang siswa perlu menyelesaikan tugas, dia harus mengikuti urutan langkah-langkah tertentu. Misalnya, jika dia menerima tugas dari profesornya, dia harus mencari buku atau sumber yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Siswa dapat menggunakan Google atau meminta bantuan temannya sebelum menyelesaikan tugas. Sehingga seluruh prosedur ini bisa disebut algoritma.

Baca juga: Instagram Ungkap Rahasia dan Cara Kerja Algoritma Mereka

Merencanakan acara 

Saat membuat acara, Anda tentu akan merencanakan waktu acara, anggara, dan sebagainya. Anda akan merencanakan tema pesta, menu pesta, kue mana yang harus bagus, urutan acara, pengaturan waktu, dan sebagainya.

Semuanya tentu akan direncanakan dengan cermat. Anda juga akan meninjau rencana Anda beberapa kali untuk memastikannya seefektif mungkin. Proses ini bisa dikatakan sebagai sebuah algoritma.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com