Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Contoh Perangkat Keras Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Fungsinya

Kompas.com - 06/08/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Perangkat keras komputer adalah istilah untuk menggambarkan seperangkat komponen fisik pada komputer. Jadi, setiap komponen yang berwujud atau berbentuk fisik pada komputer adalah perangkat keras.

Perangkat keras komputer bisa dibilang bukan barang yang asing. Pengguna mungkin sudah sering mendengar atau melihat langsung hardware komputer. Akan tetapi, pengguna bisa jadi tak mengenali perangkat yang dilihatnya itu sebagai hardware komputer.

Baca juga: Hal yang Diperlukan agar Perangkat Keras Komputer Dapat Berfungsi, Catat

Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan mengenai contoh perangkat keras komputer. Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai contoh perangkat keras komputer yang biasa dijumpai sehari-hari.

Jenis perangkat keras komputer

Sebelum mengetahui contoh perangkat keras komputer apa saja, alangkah baiknya untuk memahami jenisnya terlebih dahulu. Sebab, jenis itu yang bakal mengklasifikasikan perangkat keras komputer ke dalam beberapa contoh.

Secara umum, perangkat keras komputer terbagi menjadi dua jenis, yaitu, perangkat keras internal dan eksternal. Adapun penjelasan dari perangkat keras internal dan perangkat keras eksternal adalah sebagai berikut.

1. Perangkat keras internal

Perangkat keras internal merupakan komponen fisik komputer yang secara berbarengan berfungsi untuk membaca dan memproses perintah yang disampaikan pengguna melalui sistem perangkat lunak seperti aplikasi dan sistem operasi.

2. Perangkat keras eksternal

Perangkat keras eksternal merupakan komponen fisik komputer yang dihubungkan secara eksternal ke komputer. Jenis perangkat keras komputer ini biasa disebut juga dengan komponen periferal, sebagaimana dilansir laman Tech Target.

Perangkat keras eksternal berfungsi untuk mengontrol input dan output komputer. Perangkat keras eksternal terbagi lagi menjadi dua jenis berdasar fungsinya, yaitu perangkat keras eksternal input dan perangkat keras eksternal output.

Perangkat keras eksternal berfungsi untuk membantu memberikan instruksi ke software (input) dan menyajikan hasil dari perintah yang diberikan pada software (output). Terdapat berbagai contoh atau macam perangkat keras komputer berdasarkan jenisnya.

Lantas, perangkat keras komputer apa saja? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai contoh perangkat keras komputer dan fungsinya.

Contoh perangkat keras komputer dan fungsinya

Contoh perangkat keras internal

Perangkat keras internal pada komputer yang berfungsi untuk memproses perintah terdiri dari beberapa macam. Adapun contoh perangkat keras komputer berdasarkan jenisnya adalah sebagai berikut:

1. Motherboard

Ilustrasi contoh perangkat keras komputer Motherboardpixabay.com Ilustrasi contoh perangkat keras komputer Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit utama yang untuk menampung CPU (Central Processing Unit) dan komponen pemrosesan lainya. Motherboard memiliki fungsi sebagai pusat penghubung semua komponen pemrosesan.

2. CPU

Ilustrasi contoh perangkat keras komputer CPU.Unsplash/Olivier Collet Ilustrasi contoh perangkat keras komputer CPU.

CPU bisa dibilang adalah “otak” dari komputer. CPU memiliki fungsi untuk memproses dan mengeksekusi perintah pengguna yang diberikan melalui program perangkat lunak. Kecepatan CPU menentukan efisiensi komputer dalam memproses perintah.

3. RAM

RAM (Random Access Memory) adalah perangkat penyimpanan data sementera. RAM memiliki fungsi untuk menyimpan data secara sementara yang dapat langsung diakses oleh program perangkat lunak. Data sementara pada RAM bakal hilang ketika komputer mati.

4. Hard Drive

Ilustrasi contoh perangkat keras komputer Hard Drive.Unsplash/Denny Muller Ilustrasi contoh perangkat keras komputer Hard Drive.

Hard Drive adalah perangkat penyimpanan data permanen. Data yang tersimpan di Hard Drive atau biasa disebut juga dengan Hard Disk, tidak akan hilang ketika komputer dimatikan. Hard Drive dipakai untuk menyimpan sistem operasi, media, dan aplikasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com