Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui Orang Sedang Telepon di WhatsApp dengan Mudah

Kompas.com - 27/08/2023, 19:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna mungkin bakal ragu untuk telepon orang lain di aplikasi WhatsApp (WA) karena orang tersebut bisa saja sedang dalam panggilan lain. Untuk memastikan ketersediannya, terdapat cara mengetahui orang sedang telepon di WA.

Dengan cara tersebut, pengguna bakal bisa mengetahui apakah orang lain yang hendak dihubungi tersedia untuk ditelepon atau sedang dalam panggilan lain. Lantas, bagaimana cara mengetahui WA sedang dalam panggilan lain?

Baca juga: Arti “Memanggil” di WhatsApp Saat Telepon dan Bedanya dengan “Berdering”

Cara mengetahui orang sedang telepon di WA itu cukup mudah. Akan tetapi, tak semua pengguna mungkin telah mengetahui caranya. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan cara mengetahui orang sedang telepon di WA.

Cara mengetahui orang sedang telepon di WA

Secara umum, untuk mengetahui orang sedang dalam panggilan lain atau sedang telepon di WA, terdapat beberapa ciri-cirinya. Ciri-ciri WA sedang dalam panggilan lain itu dapat diketahui dari beberapa fitur di WhatsApp.

Penjelasan yang lebih lengkap mengenai cara mengetahui orang sedang telepon di WA bisa dibaca di bawah ini.

1. Muncul status “Calling” ketika dihubungi

Cara mengetahui orang sedang telepon di WA yang pertama adalah muncul status “Calling” atau “Memanggil” ketika dihubungi. Status “Calling” bakal muncul di layar WhatsApp penelepon saat kontak yang dihubungi sedang berada di panggilan lain.

Contoh status “Calling” yang menandakan kontak lain sedang berada di panggilan lain bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi ciri-ciri WhatsApp sedang dalam panggilan lain yang ditandai dengan munculnya status Calling dan kondisi pengguna lain yang ditelepon online. KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi ciri-ciri WhatsApp sedang dalam panggilan lain yang ditandai dengan munculnya status Calling dan kondisi pengguna lain yang ditelepon online.

Baca juga: 3 Cara Keluar dari WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop dengan Mudah

2. Kontak yang dihubungi online atau terhubung jaringan internet

Perlu diketahui, status “Calling” tersebut tidak berdiri sendiri untuk menandakan WA sedang dalam panggilan lain. Status “Calling” seperti gambar di atas bisa menjadi ciri-ciri WA sedang dalam panggilan lain apabila terdapat tanda lain yang mengikuti.

Adapun tanda lain itu adalah WhatsApp kontak lain yang hendak dihubungi harus dalam kondisi online. Maksud dari kondisi online tersebut yaitu ponsel milik kontak lain tidak mati dan aplikasi WhatsApp terhubung dengan jaringan internet.

Untuk mengetahui kontak tersambung jaringan internet atau tidak, pengguna bisa melihat status akun di WhatsApp. Jika muncul status “Online” di ruang obrolan maka kontak tersambung dengan jaringan internet.

Bila kontak mematikan status “Online”, pengguna bisa mengetahui apakah dia tersambung dengan jaringan internet atau tidak dengan mengirim pesan WA. Seandainya pesan terkirim dengan centang dua, kontak berarti sedang terhubung dengan jaringan internet atau online.

Dengan demikian, jika muncul status “Calling” di WA saat menghubungi kontak yang dalam kondisi online atau tersambung jaringan internet maka kontak tersebut kemungkinan besar berada dalam panggilan lain atau sedang telepon dengan pengguna lain.

Itulah cara mengetahui orang sedang telepon di WA dengan melihat status saat menghubungi dan kondisi kontak yang ditelepon. Sebagai informasi tambahan, status “Calling” di WA sejatinya punya beberapa arti.

Status “Calling” bisa berarti WhatsApp sedang berada dalam panggilan lain jika akun WhatsApp dari kontak lain itu statusnya online.

Kemudian, status memanggil di WA juga bisa berarti panggilan pengguna tidak masuk ke kontak lain. Pada kondisi ini, arti memanggil di WA adalah status yang menunjukkan bahwa pengguna atau orang yang ditelepon tidak terhubung dengan koneksi internet alias offline.

Sebagaimana umum diketahui, layanan WhatsApp bergantung dengan koneksi internet. Jika WhatsApp seseorang tidak terhubung dengan koneksi internet, saat pengguna menghubunginya dengan panggilan telepon, maka bakal muncul status memanggil.

Tidak terhubungnya WhatsApp seseorang dengan koneksi internet bisa disebabkan karena beberapa hal, bisa jadi ponselnya mati atau bisa juga ponsel tidak memiliki koneksi internet yang memadai akibat berada di luar jangkauan area.

Baca juga: Cara Logout WhatsApp di HP yang Hilang, Penting agar Akun Tak Disalahgunakan

Bila kontak berada dalam kondisi offline maka status “Calling” yang muncul ketika menghubunginya tidak dapat dipakai untuk mengindikasikan orang tersebut sedang telepon di WA. Demikianlah  cara mengetahui orang sedang telepon di WA, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com