Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Menghapus Aplikasi

Kompas.com - 28/08/2023, 17:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Notifikasi pada aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA, kadang bisa cukup mengganggu, terutama saat pengguna ingin beristirahat sejenak seperti ketika tengah liburan atau cuti kerja.

Untuk meminimalisir gangguan ketika beristirahat sejenak, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menonaktifkan WhatsApp sementara. Dengan dinonaktifkan, pengguna tak akan lagi terganggu akibat notifikasi pesan atau panggilan baru masuk di WhatsApp.

Baca juga: 4 Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru dengan Nomor yang Sama

Menonaktifkan WhatsApp sementara itu pada dasarnya merupakan tindakan untuk membuat WhatsApp berada dalam kondisi offline (tidak terhubung jaringan internet) atau setidaknya tidak dapat mengirim notifikasi ke layar HP (handphone).

Menonaktifkan WhatsApp sementara tidak membuat riwayat chat pengguna hilang. Pengguna masih bisa mengakses semua data WhatsApp miliknya kembali saat ingin menggunakan kembali.

Untuk menonaktifkan WhatsApp sementara, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus aplikasi WhatsApp. Jika aplikasi WhatsApp dihapus dari HP maka akun di dalamnya bakal dikeluarkan dan offline.

Pengguna pun jadi tak akan menerima notifikasi dari WhatsApp lagi. Akan tetapi, menonaktifkan WhatsApp sementara dengan menghapus aplikasi itu bisa dibilang bukan cara yang praktis.

Pasalnya, pengguna harus mencadangkan chat WA dulu biar tak hilang ketika ingin mengunduh WhatsApp kembali. Kemudian, pengguna juga harus mengunduh lagi aplikasi WhatsApp yang telah dihapus sebelumnya bila ingin memakai kembali.

Selain dengan cara tersebut, sejatinya terdapat juga cara menonaktifkan WA tanpa menghapus aplikasi. Lantas, bagaimana cara menonaktifkan WA tanpa menghapus aplikasi? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara menonaktifkan WA tanpa menghapus aplikasi.

Cara menonaktifkan WA tanpa menghapus aplikasi

Pengguna pada dasarnya tak harus menghapus aplikasi WhatsApp untuk membuatnya dalam kondisi offline atau tidak dapat mengirim notifikasi. Terdapat beberapa cara menonaktifkan WA tanpa menghapus aplikasi yang bisa dilakukan pengguna.

Secara umum, cara menonaktifkan WA tanpa menghapus aplikasi dapat dilakukan dengan membuat aplikasi WhatsApp tak bisa mengirim notifikasi ke layar HP. Adapun beberapa caranya adalah sebagai berikut:

1.Menonaktifkan WhatsApp sementara tanpa menghapus aplikasi dengan mematikan notifikasi

Pengguna bisa menonaktifkan WhatsApp tanpa menghapus aplikasi dengan mematikan notifikasinya di HP. Untuk menonaktifkan WhatsApp tanpa menghapus aplikasi dengan mematikan notifikasi, caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan di HP.
  • Kemudian, silakan matikan notifkasi untuk aplikasi WhatsApp.
  • Cara mematikan notifikasi untuk aplikasi WhatsApp bisa berbeda-beda di tiap HP.
  • Jika di iPhone, pengguna bisa mematikan notifikasi untuk aplikasi WhatsApp dengan membuka menu pengaturan bertajuk “Pemberitahuan”.
  • Kemudian, pilih aplikasi WhatsApp dan geser tombol untuk menonaktifkan opsi “Izinkan Pemberitahuan”.

Saat notifikasi dinonaktifkan, pengguna tak akan mendapatkan pemberitahuan pesan atau panggilan baru masuk WhatsApp di layar HP. Dengan demikian, pengguna dapat beristirahat sejenak dengan lebih tenang.

2. Menonaktifkan WhatsApp tanpa menghapus aplikasi dengan mematikan HP

Cara menonaktifkan WA tanpa menghapus aplikasi yang kedua adalah dengan mematikan HP. Ketika HP mati, koneksi internetnya pun bakal terputus, sehingga WhatsApp jadi berada dalam kondisi offline dan hanya centang satu jika dikirimi pesan.

Baca juga: 4 Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru Tanpa Menghilangkan Chat

Untuk menonaktifkan WhatsApp tanpa menghapus aplikasi dengan mematikan HP, caranya pengguna harus menekan beberapa detik tombol power pada HP. Kemudian, pilih opsi bertajuk seperti “power off” dan HP bakal dimatikan.

3. Menonaktifkan WhatsApp tanpa menghapus aplikasi dengan mengaktifkan mode pesawat

Untuk membuat WhatsApp tidak terhubung dengan jaringan internet, sehingga tak dapat menerima notifikasi, pengguna bisa mengaktifkan mode pesawat di HP. Ketika mode pesawat aktif, HP tidak akan terhubung dengan koneksi internet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com