Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMD Bikin Kartu Grafis Radeon RTX 7900 XTX Edisi Khusus Avatar

Kompas.com - 30/08/2023, 18:59 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber PC GamesN

KOMPAS.com - AMD menjalin kemitraan dengan developer game Avatar: Frontiers of Pandora yang akan dirilis pada 7 Desember mendatang. Dalam rangka kolaborasi ini, pabrikan tersebut membikin kartu grafis (GPU) Radeon RX 7900 XTX khusus bertema Avatar.

Keunikan Radeon RX 7900 XTX edisi Avatar terletak pada shroud pendingin berkelir cat thermal reactive yang akan berubah warna seiring kenaikan suhu sehingga memperlihatkan pola desain khas Avatar.

Dalam video yang dirilis AMD bisa dilihat bagaimana cat yang tedapat di sisi depan dan backplate tersebut berubah dari warna gelap saat dingin menjadi hijau-biru, sama dengan pola desain selebihnya.

Baca juga: AMD Umumkan GPU Radeon RX 7700 XT dan RX 7800 XT

Kartu grafis memang salah satu komponen di PC yang menggunakan daya tinggi sehingga suhunya bisa mengalami fluktuasi besar dalam waktu singkat. Penggunaan cat thermal reactive untuk mengubah warna berdasar suhu pun menjadi masuk akal.

dengan thermal reactive paint, pola berwarna hijau dengan garis ungu di bagian depan shroud dan backplate dari AMD Radeon RX 7900 XTX edisi Avatar: Frontiers of Pandora hanya akan muncul ketika suhu kartu grafis berubah AMD dengan thermal reactive paint, pola berwarna hijau dengan garis ungu di bagian depan shroud dan backplate dari AMD Radeon RX 7900 XTX edisi Avatar: Frontiers of Pandora hanya akan muncul ketika suhu kartu grafis berubah

Di luar desain khusus dan cat unik tadi, desain pendingin pada Radeon RX 7900 XTX identik dengan rancangan standar pada reference design, mencakup vapor chamber dan tiga kipas axial.

Radeon RX 7900 XTX sendiri adalah kartu grafis teratas dari AMD yang dibekali arsitektur RDNA3, memori GDDR6 384-bit sebanyak 24 GB, serta 96 compute units dengan boost clock 2,5 GHz.

Baca juga: Radeon RX 7900 XTX Resmi, GPU Chiplet Pertama AMD

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PC GamesN, Rabu (30/8/2023), kebetulan nama chip GPU di kartu grafis ini (Navi 31) mirip dengan nama suku bangsa tokoh utama di film dan game Avatar (Na'vi) yang berkulit biru.

Sayangnya, menurut keterangan di situs AMD, Radeon RX 7900 XTX edisi Avatar hanya tersedia sebanyak 500 unit dan tidak dijual bebas, melainkan cuma bisa diperoleh sebagai hadiah event promosi dan giveaway dari AMD dalam beberapa minggu ke depan.

AMD belum membeberkan detil event promosi dan giveaway dimaksud, tapi informasinya kemungkinan akan diumumkan di akun media sosial AMD Radeon seperti di Twitter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com