Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Setop Beri Update HP Redmi 9 dan Redmi 9A di Indonesia

Kompas.com - Diperbarui 23/08/2023, 06:01 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Mi.com

KOMPAS.com - Xiaomi resmi memasukkan Redmi 9 ke dalam daftar perangkat yang tak lagi menerima pembaruan (update) keamanan, sistem antarmuka (UI) MIUI, dan sistem operasi (OS) Android. 

Hal ini mencuat lantaran pabrikan ponsel asal China itu sudah memasukkan perangkat entry-level tersebut ke dalam daftar Xaiomi End of Support (EOS) List. Seperti diketahui, ponsel yang masuk ke dalam daftar ini tak akan lagi mendapatkan update software dari Xiaomi. 

Selain Redmi 9, Xiaomi juga kini menghentikan dukungan update software untuk "saudara" ponsel tersebut, yaitu Redmi 9A di Tanah Air. 

Baca juga: Bocoran Daftar HP Xiaomi yang Bakal Kebagian MiUI 15

Pada saat pertama kali meluncur 2020 lalu, Redmi 9 (Juli 2020) dan Redmi 9A (Agustus 2020) kompak menjalankan OS Android 10 yang dikombinasikan dengan tampilan MIUI 11.

Biasanya, ponsel-ponsel Xiaomi sendiri mendapatkan dukungan pembaruan OS Android selama dua tahun (dua generasi) dan pembaruan keamanan selama tiga tahun. 

Artinya, versi OS Android yang berjalan di Redmi 9 dan Redmi 9A hanya akan mentok di Android 12 (MIUI 13), dan kedua perangkat ini dipastikan tidak akan mendapatkan update Android 13 (MIUI 14).

Sisi depan layar ponsel Redmi 9AKOMPAS.com/ConneyStephanie Sisi depan layar ponsel Redmi 9A

Terkait penyetopan dukungan software Redmi 9 dan Redmi 9A, hal yang dilakukan Xiaomi ini terbilang cukup wajar.

Sebab, memasuki tahun 2023, umur kedua ponsel tersebut memang sudah menginjak usia tiga tahun.

Selain itu, kedua perangkat ini juga kini sudah ada "penggantinya" di Indonesia. Sebut saja seperti Redmi 10 5G, Redmi 10C, Redmi 10 2022, Redmi 10A, dan lain sebagainya. 

Seperti disebutkan di atas, penyetopan dukungan software untuk Redmi 9 Series saat ini, jika mengacu pada Xiaomi EOS List tadi, hanya berlaku untuk Redmi 9 dan Redmi 9A versi Indonesia saja.

Baca juga: Inikah Tanda-tanda Xiaomi 13T Segera Masuk Indonesia?

Di Tanah Air sendiri, setidaknya ada dua model Redmi 9 Series lainnya yang belum masuk ke dalam Xiaomi EOS List, yaitu Redmi 9C yang meluncur September 2020 lalu, serta Redmi 9T yang meluncur Februari 2021 lalu.

Dengan begitu, kedua ponsel Redmi 9 Series tersebut, untuk saat ini, tampaknya masih akan mendapatkan dukungan pembaruan software, tidak seperti Redmi 9 dan Redmi 9A.

Daftar lengkap ponsel Xiaomi yang sudah tidak mendapatkan pembaruan software bisa disimak dalam tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com