Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Fungsi Microsoft Word dan Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 28/08/2023, 15:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui kegunaan atau fungsi Microsoft Word. Pengetahuan itu mungkin terdengar sederhana. Akan tetapi, tak semua pengguna mungkin telah mengetahui fungsi Microsoft Word, terutama pengguna yang baru ingin belajar.

Pengguna yang telah terbiasa menggunakan Microsoft Word umumnya sudah cukup memahami fungsinya. Namun, pengguna yang baru ingin belajar Microsoft Word bisa jadi masih belum mengetahui kegunaan dari aplikasi ini.

Baca juga: Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word, Romawi dan Angka

Kegunaan Microsoft Word bisa dibilang pengetahuan dasar yang perlu diketahui. Sebab, dalam mengoperasikan Microsoft Word, pengguna bakal disajikan dengan berbagai alat dan fitur yang dapat dipakai untuk tujuan tertentu sesuai fungsi yang diinginkan.

Untuk memudahkan dalam mengoperasikan Microsoft Word nantinya, pengguna perlu mengetahui fungsi dari aplikasi ini. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan mengenai fungsi Microsoft Word.

Lantas, apa fungsi Microsoft Word? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai fungsi Microsoft Word yang perlu diketahui sebelum memulai mengoperasikannya.

Fungsi Microsoft Word

Perlu diketahui, Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata. Dalam melakukan tugas pengolahan kata, Microsoft Word dibekali dengan berbagai macam fitur, seperti fitur edit teks, fitur menyisipkan media, dan masih banyak lagi.

Fitur-fitur itu nantinya dapat dipakai menjalankan tugas sesuai fungsi yang diinginkan pengguna. Adapun fungsi Microsoft Word dan fitur-fitur pendukungnya yang dapat digunakan adalah sebagai berikut.

1. Membuka dokumen

Kegunaan Microsoft Word yang pertama adalah membuka berbagai jenis dokumen, seperti surat, artikel, esai, dan sebagainya, yang ada di komputer atau laptop. Dengan Microsoft Word, pengguna dapat membuka dokumen tersebut dengan format yang sesuai.

Untuk diketahui, Microsoft Word bisa dipakai untuk membuka berbagai jenis dokumen dengan format file DOC atau DOCX. Selain membuka, pengguna kemudian juga bisa membaca dokumen itu di Microsoft Word.

2. Mengedit dokumen

Kedua, fungsi Microsoft Word adalah mengedit atau menyunting dokumen. Setelah membuka dan membaca dokumen di Microsoft Word, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi pengolah kata ini untuk mengedit dokumen.

Pengguna dapat menambahkan atau menyisipkan teks pada dokumen yang dibuka di Microsoft Word. Kemudian, pengguna juga dapat menghapus beberapa teks atau paragraf sekaligus pada dokumen itu.

3. Membuat dokumen

Fungsi atau kegunaan Microsoft Word yang berikutnya adalah untuk membuat dokumen, seperti artikel, jurnal, dan sebagainnya. Microsoft Word punya banyak fitur yang membuat tulisan di dokumen menjadi rapi.

Pengguna bisa menggunakan fitur Format Text agar teks tidak berantakan. Selain itu, pengguna juga bisa memakai fitur Header atau Footer untuk membuat nomor halaman secara otomatis di satu dokumen.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word untuk Skripsi dan Jurnal

4. Membuat surat

Fungsi Microsoft Word yang keempat adalah untuk membuat surat. Penyusunan surat pasti memiliki format khusus yang ditetapkan oleh suatu institusi. Format tulisan ini bisa disusun atau diolah menggunakan fitur yang ada di Microsoft Word.

Fitur yang kerap dipakai untuk membuat surat di Microsoft Word adalah garis pemisah untuk membagi bagian kop surat dengan isinya. Kemudian, juga ada fitur Text Box untuk membuat kolom tanda tangan dalam surat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com