Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Grand Final MLBB IESF 2023, Indonesia Vs Filipina Sengit di Awal

Kompas.com - 03/09/2023, 19:43 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Tim Mobile Legends (MLBB) Indonesia kembali bertemu tim Filipina di babak Grand Final kompetisi e-sports International Esports Federation (IESF) 2023 pada Minggu (3/9/2023) sore. 

Pertandingan ini bisa dibilang merupakan kesempatan balas dendam tim Indonesia kepada Filipina, lantaran keduanya pernah bertemu di babak Upper Bracket Semifinal MLBB IESF 2023 pada Jumat (1/9/2023) lalu. 

Pada game ini, Indonesia kalah 2-0 dari Filipina, dan diturunkan ke babak Lower Bracket Quarterfinal (perempat final). Namun, tim Indonesia bangkit dan pada akhirnya berhasil melaju ke babak Grand Final MLBB IESF 2023. 

Kedua tim ini juga sempat bertemu di babak Grand Final MLBB IESF 2022 tahun lalu. Lantas, bagaimana performa tim Indonesia di babak Grand Final MLBB IESF 2023 yang sudah berlangsung sejak pukul 16.00 WIB sore tadi?

Game pertama Indonesia vs Filipina di Grand Final MLBB IESF 2023 berjalan cukup alot dengan durasi sekitar 29 menit dan skor eliminasi 22-21 untuk Filipina.

Tim Indonesia sempat kewalahan menghadapi kawan-kawan dari tim Filipina di awal (early) dan pertengahan (mid) game.

Namun di akhir (late) game, tim Indonesia mampu mematahkan strategi dari Filipina dan melakukan serangan balik.

Kombinasi hero Diggie dari Vynnn dan Brody dari Saken mampu membuat skor sementara 1-0 untuk Indonesia.

Baca juga: Tim Mobile Legends Indonesia Melaju ke Grand Final IESF 2023, Sukses Hattrick

Game kedua Grand Final MLBB IESF 2023 Indonesia vs Filipina.YouTube/MPL Indonesia Game kedua Grand Final MLBB IESF 2023 Indonesia vs Filipina.

Berlanjut ke game kedua, tim Filipina tampak bermain cukup agresif lewat game yang cukup singkat dengan durasi sekitar 13 menit dan skor eliminasi 16-7. 

Kombinasi hero Valir dari Unigo, Pharsa dari Arcangel, dan Terizla dari Canon mampu mengobrak-abrik pertahanan tim Indonesia, sehingga skor sementara menjadi seri 1-1.

Pada game ketiga, tim Filipina terus mendominasi dengan game yang berdurasi sekitar 25 menit dan skor eliminasi 25-5. 

Permainan yang cukup baik dari hero Brody milik Requitiano, Xborg milik Canon, dan Pharsa milik Arcangel tampaknya mampu melumpuhkan segala langkah yang dilancarkan tim Indonesia. Skor sementara menjadi 2-1 untuk Filipina.

 Baca juga: Indonesia Kirim Wakil di Kompetisi E-sports IESF 2023 Cabang Tekken 7, Ini Jadwalnya

Game ketigaGrand Final MLBB IESF 2023 Indonesia vs Filipina.YouTube/MPL Indonesia Game ketigaGrand Final MLBB IESF 2023 Indonesia vs Filipina.

Pertandingan babak Grand Final MLBB IESF berakhir di game keempat, di mana Filipina berhasil menekuk tim Indonesia dengan game berdurasi singkat, yaitu sekitar 13 menit.

Game kemenangan bagi Filipina ini dikontribusi oleh permainan apik dari hero Fredrinn Sayson, Valir Unigo, dan Arlott Canon. 

Di game ini, Filipina mendapatkan skor eliminasi 7-1, sekaligus menutup babak Grand Final MLBB IESF 2023 dengan skor akhir 3-1. 

Game keempat Grand Final MLBB IESF 2023 Indonesia vs Filipina.YouTube/MPL Indonesia Game keempat Grand Final MLBB IESF 2023 Indonesia vs Filipina.

Dengan hasil ini, tim Indonesia gagal membawa pulang trofi juara IESF 2023 dari game MLBB, lantaran harus puas dengan gelar juara kedua (runner up) kompetisi level internasional tersebut.

Hal ini merupakan penurunan dari IESF 2022 lalu, di mana kala itu tim Indonesia berhasil mengalahkan tim Filipina dengan skor sempurna 3-0. 

Penasaran menonton pertandingan ini? Pertandingan ulang hasil Grand Final MLBB IESF 2023 Indonesia vs Filipina bisa dilihat melalui kanal resmi YouTube MPL Indonesia tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com