Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tulisan Tangan Steve Jobs Terjual Rp 2,6 Miliar

Kompas.com - 05/09/2023, 07:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Tulisan tangan Steve Jobs di selembar kertas, berisi draft iklan komputer pertama Apple, Apple-I, baru-baru ini terjual di rumah lelang RR Auction dengan nilai fantastis.

Tulisan tangan pendiri Apple di selembar kertas itu terjual dengan harga 175.759 dollar AS atau setara Rp 2,6 miliar. Kertas tulisan tangan itu merupakan draft kasar iklan yang berisi spesifikasi mesin Apple-I.

“Apple Computer-I, menggunakan (mikroprosesor) 6800, 6501, 6502 (Direkomendasikan 6501 dan 6502 karena kami memiliki basis dasarnya),” salah satu spesifikasi yang ditulis Steve Jobs.

Informasi lainnya yang dicantumkan adalah spesifikasi papan komputer yang dijual, mulai dari RAM, software yang dijalankan, dan sebagainya. Di bagian akhir draft iklan, Steve Jobs turut mencantumkan harga Apple-I senilai 75 dollar AS (Rp 1,14 jutaan).

Baca juga: Mengapa Steve Jobs Menamai Perusahaannya Apple?

“Papan (komputer) + manual saja, 75 dollar AS (Rp 1,14 jutaan), kesepakatan bersifat asli,” tulis Steve Jobs.

Setelah merinci spesifikasi dan harga komputer, Steve Jobs menandatangani draft tersebut dengan tulisan nama “steve jobs” dalam huruf kecil, dan mencantumkan alamat serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mac Rumors, Selasa (5/9/2023), alamat tersebut merupakan tempat tinggal orang tuanya, tempat di mana Apple pertama kali dimulai. Sebab, alamat 11161 dr., Los Altos, Ca 94022, merupakan kantor pusat pertama Perusahaan Komputer Apple.

Keaslian dari tulisan tangan tersebut sudah diverifikasi. Menurut penuturan seorang pakar Apple 1, Corey Cohen, spesifikasi komputer dari draft iklan tersebut sangat cocok dengan iklan asli Apple-I yang dicetak di Interface Magazine pada Juli 1976.

Iklan yang sudah dicetak menyertakan dua gambar foto polaroid dari mesin Apple-1 yang dipotret di The Byte Shop, Mountain View, California. Foto pertama merupakan papan komputer Apple-I yang dirakit dengan keyboard dan disertai dengan monitor.

Sementara itu, foto yang kedua merupakan layar komputer Apple-I yang menampilkan program Apple Basic. Pada foto layar, terdapat informasi tambahan dari Steve Jobs yang menggunakan pensil, “foto buram (blur) karena kamera bergoyang”.

Asal usul tulisan tangan Steve Jobs

Tulisan tangan iklan milik Steve Jobs dijual oleh salah seorang teman dekatnya yang tidak diketahui nama dan asalnya. Menurut pengakuannya, ia mengetahui fase pengembangan Apple-1 sampai perangkat tersebut diiklankan.

Baca juga: Google Lens Bisa Salin Tulisan Tangan Sebagai Teks Digital

Steve Jobs memberikan dua foto Polaroid yang memotret komputer Apple-I dan layar Apple-I Basic, serta salinan iklan yang sudah ia tulis sebagai barang kenang-kenangan.

“Selama Apple-I masih dalam proses, saya mengunjungi Steve beberapa kali pada Natal 1975, liburan musim semi 1976, dan musim panas 1976. Saya melihat komputer diuji dalam kotak di garasi,” ujar teman dekat Steve Jobs.

“Dalam salah satu kunjungan inilah, Steve memberi saya foto polaroid komputer, tangkapan layar Apple-I Basic, dan penawaran papan kosong yang ditulis tangan yang dijual 75 dollar AS (Rp 1,14 jutaan),” tambahnya.

Keduanya masih menjalin hubungan dengan baik, bahkan setelah perusahaan Apple berdiri. Pertemuan terakhir antara keduanya dilakukan pada Juni 2011. Kemudian, pada Oktober di tahun yang sama, Steve Jobs tutup usia karena menderita kanker pankreas.

Sejauh ini, barang-barang bersejarah bikinan Apple sudah terjual di rumah lelang. Sebelumnya, Komputer Apple-I yang ditandatangani Steve Wozniak, salah satu pendiri Apple terjual 223.520 dollar AS (Rp 3,4 miliaran)

Kemudian, selembar cek dari Komputer Apple 1976 yang ditandatangani Steve Jobs dan Wozniak sudah terjual dengan nilai 135.261 dollar AS (Rp 2,06 miliaran).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com