Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda Samsung Galaxy Tab A9 dan Tab A9+ Segera Masuk Indonesia

Kompas.com - 09/09/2023, 12:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung tampaknya tengah bersiap memboyong dua tablet mid-range terbarunya, yakni Galaxy Tab A9 dan Galaxy Tab A9 Plus ke pasar Indonesia.

Indikasi Galaxy Tab A9 series masuk Indonesia terlihat dari daftar sertifikasi di laman Postel SDPPI Kominfo (Pos dan Telekomunikasi dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika).

Pantauan KompasTekno, Galaxy Tab A9 berbeda terdaftar dalam dua sertifikat bernomor 93367/SDPPI/2023 dan 93330/SDPPI/2023. Kedua sertifikat diajukan PT Samsung Electronics Indonesia pada 6 dan 7 September 2023.

Dalam rincian sertifikat, tercantum perangkat perangkat bernomor model "SM-X115" memiliki nama pemasaran Galaxy Tab A9. Sementara, perangkat "SM-X210" memiliki nama pemasaran Galaxy Tab A9+.

Baca juga: Bocoran Harga Tablet Samsung Galaxy Tab S9 FE Series, Segera Masuk Indonesia

Samsung Galaxy Tab A9 series terdaftar di laman sertifikasi Postel pada 6 dan 7 September 2023.Postel Ditjen SDPPI Kominfo Samsung Galaxy Tab A9 series terdaftar di laman sertifikasi Postel pada 6 dan 7 September 2023.
Bila akurat, Galaxy Tab A9 dan Tab A9+ ini bakal menjadi penerus Galaxy Tab A8 yang dipasarkan di Indonesia pada Januari 2022.

Sertifikat Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi vendor sebelum menjual perangkat elektronik di Indonesia. Dengan kata lain, bisa dibilang, Samsung Galaxy Tab A9 series siap masuk dan dijual di Indonesia.

Bocoran spesifikasi Galaxy Tab A9 series

Menurut rumor yang beredar, Samsung bakal merilis Galaxy Tab A9 regular dan Galaxy Tab A9 Plus dalam waktu dekat. Bocoran spesifikasi keduanya pun sudah beredar di internet.

Samsung Galaxy Tab A9 reguler disinyalir bakal ditenagai chipset MediaTek Helio G99, sedangkan Galaxy Tab A9+ konon diotaki Snapdragon 695.

Keduanya disebut dibekali layar 8,7 inci, satu kamera, RAM 4 GB, audio jack 3.5mm, jaringan 4G/TLE, WiFi, USB-C, Bluetooth 5.0. Tablet mid-range ini disebut akan menjalankan sistem operasi Android 13, serta sistem antarmuka OneUI 5.1.

Galaxy Tab A9 versi reguler disinyalir ditopang baterai 5.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 15 watt. Tablet ini kabarnya memiliki dimensi panjang 210,7 mm dengan lebar 124,7mm, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Sabtu (9/9/2023).

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab A8 November 2022

Galaxy Tab S9 FE series juga segera hadir di Indonesia?

Jika diinginkan, pengguna bisa menyambungkan mouse ke Galaxy Tab S7 FE 5G via Bluetooth atau dongle USB C.Ditambah dengan antarmuma Samsung DeX, pengalaman menggunakan Galaxy Tab S7 FE 5G menjadi makin mirip laptop atau PCKOMPAS.com/ OIK YUSUF Jika diinginkan, pengguna bisa menyambungkan mouse ke Galaxy Tab S7 FE 5G via Bluetooth atau dongle USB C.Ditambah dengan antarmuma Samsung DeX, pengalaman menggunakan Galaxy Tab S7 FE 5G menjadi makin mirip laptop atau PC
Selain Galaxy Tab A9+, Samsung diyakini juga bersiap memasarkan Galaxy Tab S9 FE dan Galaxy Tab S9 FE Plus. Kedua perangkat ini juga sudah terdaftar di laman Postel sejak Agustus lalu.

Merujuk pada embel-embel "Fan Edition", duo Galaxy Tab S9 FE series ini kemungkinan bakal menjadi tablet versi lebih murah dari trio Galaxy Tab S9 series, yang sudah bisa dipesan sejak akhir Juli lalu.

Pantauan KompasTekno, duo Galaxy Tab S9 FE series ini terdaftar dalam dua sertifikat berbeda, yakni 92712/SDPPI/2023 dan 92713/SDPPI/2023. Kedua sertifikat yang diajukan oleh PT Samsung Electronics Indonesia ini terbit pada 14 Agustus 2023.

Dalam rincian sertifikat, tercantum perangkat bernomor model "SM-X510" memiliki nama pemasaran Galaxy Tab S9 FE. Sementara perangkat "SM-X610" memiliki nama pemasaran Galaxy Tab S9 FE+.

Galaxy Tab S9 FE diprediksi memiliki dimensi bodi sebesar 254,3 (panjang) x 165,8 (lebar) x 6,7 mm (ketebalan). Sementara Galaxy Tab S9 FE+ disebut memiliki dimensi bodi sebesar 285,4 (panjang) x 185,4 (lebar) x 6,54 mm (ketebalan).

Dua tablet ini konon ditenagai chipset Exynos 1380, dipadukan dengan RAM 6/8 GB.

Fitur lain yang diyakini dibawa Galaxy Tab S9 FE series meliputi dua kamera belakang, satu kamera depan, dukungan stylus S Pen, dual speaker, fitur pengisian cepat 25/45 watt, jaringan WiFi only/5G, serta fitur pemindai sidik jari di samping alias terintegrasi dengan tombol power (side-mounted display fingerprint scanner).

Samsung Galaxy Tab S9 FE dan Tab S9 FE+ diramalkan bakal dipasarkan dalam varian warna Grey, Light Green, Light Pink, dan Silver dengan harga mulai 63.000 rupee (sekitar Rp 11,6 juta).

Perlu dicatat, spesifikasi di atas masih berupa bocoran semata. Spesifikasi dan ketersediaan Galaxy Tab A9+ dan Galaxy Tab S9 FE series di Indonesia masih harus menunggu pengumuman resmi dari Samsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com