Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Kukuh Ganti Istilah Tweet Jadi Post di X Twitter

Kompas.com - 09/09/2023, 13:31 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pemilik Twitter, Elon Musk melakukan perubahan merek alias rebranding perusahaan menjadi X sejak Oktober 2022.

Menyusul keputusan itu, nama mikroblog Twitter juga diganti jadi X, berikut logo burung biru Larry Bird yang selama ini melekat di Twitter yang diubah jadi X pada Juli 2023.

Seiring dengan perubahan tersebut, berbagai istilah yang selama ini dipakai di Twitter juga diubah. Salah satunya yaitu istilah "tweet" yang selama ini dipakai untuk menyebut postingan atau cuitan di Twitter, sebelum berganti nama jadi X.

Di X, istilah twit diubah menjadi "post". Sementara istilah "retweet" yang merujuk pada aktivitas pengguna ketika mengunggah ulang postingan pengguna lain, diubah menjadi "repost".

Baca juga: Elon Musk Disoraki Saat Nonton Turnamen Valorant, Penonton: Kembalikan Twitter!

Perubahan itu terlihat dari halaman situs Ketentuan Layanan X. Halaman itu memaparkan berbagai ketentuan yang berlaku di X. Nah, dalam halaman itu, tidak ada istilah "tweet" atau "retweet", meskipun sejumlah poin memaparkan soal postingan di X.

Sebagai gantinya, istilah itu diganti jadi "post" atau "repost".

Mengaju penjelasan X di situs resminya, perubahan itu dan perubahan ketentuan lainnya yang dijelaskan di halaman tadi, akan mulai berlaku per 29 September nanti. Kendati demikian, perubahan itu sudah terlihat di platform X, bahkan setelah beberapa pekan transisi Twitter ke X.

Alih-alih "tweet", pengguna akan mendapati tombol "post" di X, khususnya ketika hendak mengunggah suatu postingan.

Praktik ini semakin menandai tamatnya riwayat Twitter dan aneka elemennya hingga istilah yang selama ini menyertainya.

Selain berbagai istilah, X juga mengubah sejumlah kebijakan perusahaan yang sebelumnya diterapkan Twitter. Salah satunya yaitu bahwa X akan memperluas volume data penggujna yang dikumpulkan perusahaan, termasuk data biometrik hingga riwayat pekerjaan.

Rebranding Twitter jadi X

Seperti diwartakan sebelumnya, pemilik Twitter Elon Musk melakukan rebranding Twitter sejak 23 Juli 2023. Mulai dari mengganti logo hingga nama aplikasi menjadi X.

Pergantian logo Twitter ini mulai muncul pada Minggu (23/7/2023) lalu. Kala itu, pemilik Twitter sekaligus bos Tesla, Elon Musk mengumumkan logo Twitter akan diganti menjadi X. Pengumuman itu disampaikan langsung lewat akun Twitter pribadinya dengan handle @elonmusk.

Baca juga: Twitter Izinkan Lagi Iklan Politik Setelah 4 Tahun Dilarang

"Kami akan segera mengucapkan selamat tinggal pada merek Twitter dan semua burung (logonya) secara bertahap," kata Elon Musk dalam twitnya.

Dalam pengumuman logo Twitter baru X ini, Musk juga berkata bahwa logo baru Twitter secara perlahan akan dipasang secara bertahap, dimulai pada Senin (24/7/2023) lalu secara global.

Selain logo, Elon Musk juga membuat alamat situs X.com untuk mengarahkan (redirect) pengguna ke halaman muka twitter.com. Elon Musk juga mengganti akun resmi @Twitter menjadi @X.

Rebranding Twitter menjadi X tampaknya juga ditujukan untuk mendukung bisnis yang akan dikembangkan perusahaan.

Untuk diketahui, pada Oktober 2022, Musk sempat mengatakan, membeli Twitter adalah langkah untuk mempercepat pembuatan X. Nama perusahaan Twitter (Twitter Inc.) pun telah diganti oleh Elon Musk menjadi X Corp pada Oktober 2022.

Langkah penggantian nama perusahaan Twitter menjadi X Corp ini kemungkinan menjadi langkah awal Elon Musk untuk menggabungkan platform media sosial tersebut ke supper app yang akan dikembangkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com