Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Favorit di Google Maps Kini Bisa Disimpan dengan Ikon Emoji

Kompas.com - 11/09/2023, 15:01 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Google Maps mendapat fitur baru yang cukup unik, yaitu dukungan emoji. Disebut unik karena biasanya fitur emoji hadir di layanan media sosial. Di Google Maps, emoji ini bisa dipakai pengguna sebagai ikon saat menyimpan alamat atau lokasi favorit di tab Saved (Tersimpan) di aplikasi Maps.

Jadi, alih-alih teks, pengguna bisa menandai lokasi dengan emoji sebagai ikon lokasi. Cara ini dinilai Google lebih personal dan lebih mudah dicari ketika diperlukan.

Dukungan emoji di Maps diumumkan Google melalui Twitter, atau kini disebut X dengan handle akun @googlemaps.

"Pembaruan baru: sekarang Anda bisa kustomisasi nama lokasi yang disimpan dengan emoji, untuk membantu Anda menemukan lokasi favorit dalam waktu singkat," demikian keterangan Google Maps di X.

Dengan dukungan itu pula, pengguna bisa mencari lokasi tersimpan hanya memakai emoji. Misalnya, ketika Anda sudah menyimpan lokasi restoran pizza dengan emoji pizza, maka Anda bisa mencari lokasi tersebut hanya dengan memakai emoji pizza.

Contoh menyimpan lokasi favorit di Google Maps dengan emoji.X/@googlemaps Contoh menyimpan lokasi favorit di Google Maps dengan emoji.

Baca juga: Cara Menambahkan Nama Tempat di Google Maps Sesuai Keinginan

Anda juga bisa memakai emoji cangkir berisi kopi untuk menyimpan lokasi kedai kopi, cafe dan lain sebagainya, kemudian mencari lokasi tersebut dengan emoji yang sama.

Perlu diingat, dukungan emoji ini hanya berlaku untuk daftar lokasi tersimpan yang dibuat pengguna secara manual di tab "Save", seperti terlihat di video tutorial yang dibagikan Google Maps berikut.

Adapun daftar yang sudah disediakan Google Maps, seperti Favorit tidak bisa mendukung emoji sepenuhnya, melainkan memakai ikon yang sudah ditentukan Google.

Baca juga: 2 Cara Menentukan Latitude dan Longitude di Google Maps

Fitur ini dihadirkan Google kemungkinan untuk meningkatkan interaksi pengguna di Maps, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Senin (11/9/2023). Sebab, emoji bisa mengekspresikan banyak hal.

Jadi, ketimbang melihat ikon pin di Maps, akan lebih menarik dan mudah ditelusuri apabila memakai emoji untuk menemukan daftar lokasi tersimpan.

Pantauan KompasTekno, dukungan emoji juga sudah tersedia di Indonesia, khususnya pada aplikasi Google Maps Android versi 11.96.0300. Jadi, pengguna di Indonesia sudah bisa menyimpan atau membuat daftar lokasi atau tempat tertentu memakai emoji di Google Maps.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com