Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "Kejora" Buatan Developer Indonesia Bisa Dicoba Gratis di PC

Kompas.com - 13/09/2023, 12:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Studio game asal Indonesia, Berangin Creative meluncurkan demo pertama untuk game petualangannya, "Kejora". Demo ini bisa dinikmati secara gratis di komputer (PC) lewat platform distribusi game milik Valve, Steam.

"Kejora" bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Kejora, yang tinggal di sebuah desa Jengki yang damai. Setiap harinya, Kejora bermain bersama kedua sahabatnya, Guntur dan Jaka di sekitar desa tersebut.

Suatu hari, Kejora dan dua temannya memutuskan untuk bermain di sawah. Begitu sampai di sawah, mereka bertemu Pak Eko yang meminta trio sahabat ini untuk memanggil Pak Sutoyo ke sawah.

Baca juga: Game eFootball 2024 Meluncur, Bisa Dimainkan Gratis

Game Kejora buatan developer lokal mendukung opsi Bahasa IndonesiaKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Game Kejora buatan developer lokal mendukung opsi Bahasa Indonesia
Kejora pun mengunjungi hutan untuk mencari Pak Sutoyo. Namun, ia hanya menemukan sepeda Pak Sutoyo, bercak darah di tanah, dan bekas cakaran di pohon. Ketiganya pun harus menguak misteri di balik hilangnya Pak Sutoyo.

Dari segi gameplay, "Kejora" mengusung genre side scroller dan puzzle. Side scroller memiliki arti, pengguna bakal menggerakkan karakter dari kiri ke kanan seperti "A Space for the Unbound".

Pemain akan menjelajahi desa Kejora, kemudian mengumpulkan bahan untuk membuat barang baru. Barang baru ini diperlukan untuk menyelesaikan puzzle, contohnya saja perangkap yang mampu menangkap hewan buas.

Untuk mengumpulkan bahan, Kejora mesti mengandalkan kedua temannya, Guntur dan Jaka, yang dibekali dengan kemampuannya masing-masing.

Kejora, Guntur, dan Jaka memiliki kemampuannya masing-masing untuk mengerjakan puzzleSteam Kejora, Guntur, dan Jaka memiliki kemampuannya masing-masing untuk mengerjakan puzzle
Guntur memiliki kemampuan untuk memukul objek seperti pohon yang menghalangi jalan, dan mengangkat Kejora agar bisa meraih tempat yang lebih tinggi.

Di sisi lain, Jaka bisa mendorong objek yang berat dan melemparkan batu untuk mengusir hewan yang mengganggu.

Adapun game ini dikemas dengan grafik gambar tangan (hand-drawn), sehingga "Kejora" terlihat seperti kartun klasik yang mengundang nostalgia.

Bicara soal kartun, game "Kejora" diselingi oleh cutscene berupa animasi dua dimensi (2D), sehingga permainan akan terasa lebih imersif.

Baca juga: Game Indonesia A Space for the Unbound Sabet Penghargaan di Jepang

Aspek menarik lainnya, "Kejora" mendukung pilihan bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Bahasa ini bisa diganti secara mudah, dengan mengeklik tombol "Esc" di keyboard, kemudian mencari pilihan Bahasa Indonesia.

Cara download demo Kejora

Bila tertarik, pengguna bisa mengunduh demo "Kejora" di Steam secara gratis. Berikut ini caranya:

Cara download demo Kejora secara gratis di SteamKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Cara download demo Kejora secara gratis di Steam

  • Unduh launcher Steam
  • Cari "Kejora Demo" di Steam dan pilih "Download"
  • Tentukan media penyimpanan (storage) yang ingin digunakan untuk demo tersebut, dan pilih "Install"
  • Game akan langsung diunduh
  • Setelah proses download selesai, buka Steam dan pilih menu "Library"
  • Cari "Kejora Demo" dan klik tombol "Play" berwarna hijau

Spesifikasi demo Kejora

Sebelum menjajal demo "Kejora", sebaiknya pengguna mempelajari spesifikasi game tersebut terlebih dahulu.

Berikut ini spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan "Kejora", sebagaimana dikutip KompasTekno dari Steam, Rabu (13/9/2023). Berangin Creative belum mengumbar spesifikasi yang direkomendasikan.

Spesifikasi minimum

  • OS: Windows 7 (64 bit)
  • CPU: Intel Core i5 2557M (64 bit)
  • RAM: 4 GB
  • GPU: GeForce GT440 atau HD5570
  • DirectX: DirectX 11
  • Storage: 2 GB

Perlu dicatat bahwa demo ini tidak memiliki batas waktu, sehingga pemain bisa menikmatinya dalam waktu yang lama.

Sejauh ini, Berangin Creative belum mengungkapkan tanggal rilis untuk game "Kejora". Namun, hal ini wajar saja mengingat "Kejora" masih dalam tahap pengembangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com