Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekelompok Penulis Gugat OpenAI soal Pelatihan Ilegal ChatGPT

Kompas.com - 14/09/2023, 19:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - OpenAI terus menerus melatih chatbot berbasis kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI) ChatGPT agar kecerdasannya kian bertambah. Namun salah satu materi yang dipakai OpenAI untuk melatih ChatGPT justru menyeret perusahaan ke ranah hukum.

Sejumlah penulis Amerika Serikat (AS) menggugat OpenAI karena menilai perusahaan mendapatkan keuntungan dengan cara ilegal. Beberapa penulis itu termasuk Michael Chabon, David Henry Hwang, Rachel Louise Snyder, dan Ayelet Waldman.

Menurut para penulis, OpenAI memakai konten mereka yang dilindungi hak cipta secara ilegal. Materi itu dipakai OpenAI untuk melatih ChatGPT agar bisa merangkum dan menganalisis konten yang ditulis.

Mereka juga mengeklaim bahwa kemampuan untuk merangkum dan menganalisis konten itu hanya bisa dilakukan jika OpenAI melatih model bahasa besar (Large Language Model/LLM) GPT dengan karya milik mereka.

Baca juga: Bos ChatGPT: Elon Musk Brengsek, tapi Punya Kekuatan Super

Dengan begitu, para penulis menyimpulkan bahwa rangkuman itu merupakan karya turunan yang melanggar hak cipta.

"Tindakan pelanggaran hak cipta OpenAI disengaja serta mengabaikan hak Penggugat dan anggota Kelompok (penulis)," demikian keterangan dalam gugatan yang diajukan ke pangdilan federal di San Francisco, Amerika Serikat (AS) akhir pekan lalu.

Para penulis mengeklaim OpenAI tahu bahwa kumpulan data yang dipakai untuk melatih model GPT, memuat materi yang dilindungi hak cipta.

"Jadi tindakan OpenAI melanggar ketentuan penggunaan materi tersebut," lanjut keterangan dalam dokumen itu.

Mereka meminta ganti rugi atas praktik tersebut tetapi jumlahnya tidak ditentukan. Selain itu, para penulis juga meminta pengadilan memblokir praktik bisnis yang melanggar hukum dan tidak adil di OpenAI, dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (14/9/2023).

Sebelumnya, lebih dari 10.000 penulis di AS menandatangani surat terbuka. Surat itu menyerukan OpenAI, Meta, Google dan perusahaan lainnya agar mendapatkan persetujuan hingga memberikan kompensasi ke penulis, bila memakai karyanya untuk pelatihan model AI.

Namun OpenAI belum memberikan tanggapannya soal gugatan dari sejumlah penulis itu, maupun soal surat terbuka tersebut.

Baca juga: Pendiri OpenAI Beri Wanti-wanti soal Kecerdasan Buatan

OpenAI diinvestigasi

Sejak chatbot ChatGPT naik daun pada akhir tahun lalu, OpenAI memang menjadi sorotan berbagai pihak, baik untuk dampak positif maupun negatifnya.

Banyak yang khawatir tentang kemampuan maupun praktik bisnis ChatGPT, salah satunya Komisi Perdagangan Federal (FTC) AS.

FTC pada Juli lalu menginvestigasi OpenAI. Investigasi ini dilakukan untuk mengetahui apakah OpenAI melakukan pelanggaran yang bisa membahayakan data pribadi penggunanya. FTC juga mencari tahu apakah ChatGPT berperan dalam penyebaran misinformasi.

FTC sudah mengirimkan surat investigasi kepada OpenAI secara online. Pihak FTC bakal meninjau bagaimana perusahaan melatih sistem AI-nya dalam mengatasi masalah pengumpulan data pribadi.

Mereka juga ingin mengetahui bagaimana OpenAI mengatasi risiko penyebaran misinformasi yang mungkin dihasilkan ChatGPT.

Surat tersebut juga sejalan untuk meminta OpenAI menyerahkan seluruh dokumen, informasi, keluhan yang dilaporkan oleh publik terkait masalah misinformasi, dan rincian tuntutan hukum yang dihadapi.

Proses investigasi ini juga ingin mengetahui lebih lanjut tentang kebocoran data OpenAI yang terungkap pada awal 2023 ini. Kasus kebocoran tersebut melibatkan riwayat obrolan pengguna dan sejumlah informasi transaksi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Digital Trends.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com