Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S23 FE Segera Rilis di Indonesia?

Kompas.com - 12/09/2023, 15:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung diyakini tengah bersiap meluncurkan smartphone baru Galaxy S23 FE (Fan Edition). Ponsel flagship versi "murah" dari Galaxy S23 series itu tampaknya juga bakal diboyong ke pasar Indonesia.

Indikasinya, Samsung Galaxy S23 FE sudah terdaftar di laman sertifikasi Postel SDPPI Kominfo (Pos dan Telekomunikasi dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika).

Pantauan KompasTekno, Selasa (12/9/2023), Samsung S23 FE terdaftar dalam sertifikat bernomor 93449/SDPPI/2023. Sertifikat ini diajukan oleh PT Samsung Electronics Indonesia pada 11 September 2023.

Dalam rincian sertifikat, tercantum perangkat perangkat bernomor model "SM-S711B" memiliki nama pemasaran "Samsung S23 FE".

Baca juga: Tanda-tanda Peluncuran Samsung Galaxy S23 FE Makin Dekat

Sertifikat Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi vendor sebelum menjual perangkat elektronik di Indonesia. Dengan kata lain, bisa dibilang, Samsung S23 FE siap masuk dan dijual di Indonesia.

Bila akurat, Galaxy S23 FE ini bakal menjadi penerus Galaxy S21 FE yang telah dipasarkan di Indonesia pada Januari 2022 lalu. Tahun lalu, Galaxy S22 tidak memiliki versi Fan Edition.

Samsung S23 FE terdaftar di laman Postel sebagai perangkat bernomor model SM-S711B. Dengan sertifikat ini, Galaxy S23 FE memenuhi syarat untuk dipasarkan di Indonesia.Postel Ditjen SDPPI Kominfo Samsung S23 FE terdaftar di laman Postel sebagai perangkat bernomor model SM-S711B. Dengan sertifikat ini, Galaxy S23 FE memenuhi syarat untuk dipasarkan di Indonesia.
Eksekutif Samsung bilang sebentar lagi rilis

Sebelum muncul di laman Postel, kehadiran Samsung S23 FE terendus dari pernyataan eksekutif Samsung dan halaman dukungan di situs resmi Samsung.

Pada awal Agustus lalu, salah satu eksekutif Samsung mengindikasikan bahwa Galaxy S23 Fan Edition bakal dirilis sebentar lagi.

Samsung diyakini tidak akan merilis ponsel kelas menengah Galaxy A74 pada 2023. Padahal, ponsel seri Galaxy A7x series ini menjadi model tertinggi di seri mid-range dan"satu tingkat" di bawah flagship Galaxy S series.

Baca juga: Bukan S23 FE, Samsung Rilis Galaxy S21 FE dengan Chip Baru

Makanya, dalam sebuah wawancara, media teknologi Android Authority bertanya kepada Justin Hume bahwa ada "celah (kosong yang bisa diisi oleh) Galaxy FE antara Galaxy A54 5G dan Galaxy S23".

Justin Hume pun mengiyakan pertanyaan itu. "Sekarang ada celah Galaxy FE di sana," jawab Justin Hume selaku Wakil Presiden Samsung Mobile Afrika Selatan, sebelum dilanjutkan tertawa.

"Nanti akan ada pengumuman. Sebentar lagi," lanjut Justin Hume.

Pernyataan Justin Hume itu mengindikasikan bahwa kekosongan Galaxy A74 tahun ini tampaknya akan diisi oleh Galaxy S23 FE. Rumor yang beredar sebelumnya menyebut Samsung S23 FE akan dijual ke pasar global luas pada kuartal IV (Oktober-Desember) 2023 dan kuartal I (Januari-Maret) 2024.

Kemudian, pada akhir Agustus, muncul halaman dukungan untuk Samsung Galaxy S23 FE di situs resmi Samsung Kazakhstan.

Samsung memang tidak mencantumkan secara gamblang nama perangkat Samsung Galaxy S23 FE. Samsung hanya menyebut nomor model SM-S711B/DS. Nomor perangkat ini juga sama persis seperti yang terdaftar di laman Postel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com