Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "Mortal Kombat 1" Sudah Bisa Dibeli, Ini Harganya di Indonesia

Kompas.com - 20/09/2023, 12:40 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Developer game asal Amerika Serikat, NetherRealm Studios telah meluncurkan game fighting terbarunya, "Mortal Kombat 1" di platform komputer (PC), PlayStation 5 (PS5), Xbox Series X/S, dan Nintendo Switch.

"Mortal Kombat 1" merupakan pembuatan ulang (reboot) yang kedua dari seri "Mortal Kombat". Sebelumnya, NetherRealm Studios pernah meluncurkan reboot bertajuk "Mortal Kombat 2011" di PC, PlayStation 3 (PS3), Xbox 360, dan PlayStation Vita (PS Vita).

Dari segi cerita, "Mortal Kombat 1" mengisahkan karakter ikonik Liu Kang yang kini menjadi Dewa Api. Liu Kang menciptakan alam semesta baru yang damai, berbeda dengan dunia "Mortal Kombat" sebelumnya yang cenderung brutal.

Baca juga: Khawatir Melanggar Hukum, Mortal Kombat 11 Batal Dirilis di Indonesia

Walaupun begitu, dunia baru ini ternyata tidak luput dari ancaman kehancuran. Oleh karena itu, Liu Kang mesti mempertahankan dan melindungi alam semesta yang sudah diciptakannya.

Karena membawa alam semesta baru, setiap karakter pun memiliki latar belakang yang berbeda dibanding game sebelumnya. Meskipun begitu, deretan karakter tersebut masih memiliki nama yang sama.

Mengambil contoh karakter Baraka, ia dulunya merupakan ras mutan yang nomadik. Di "Mortal Kombat 1", Baraka menjadi seorang pedagang yang terpapar virus Tarkat, sebelum akhirnya diasingkan ke dunia Outworld yang kejam.

Karakter Smoke (kiri), Sub-Zero (tengah), dan Scorpion (kanan) di Mortal Kombat 1Gamerant Karakter Smoke (kiri), Sub-Zero (tengah), dan Scorpion (kanan) di Mortal Kombat 1
Lalu, duo ninja legendaris Scorpion dan Sub-Zero kini bukanlah rival, melainkan adik dan kakak. Raiden yang dulunya merupakan Dewa Petir, kini bertukar peran dengan Liu Kang, dan menjadi petarung yang harus menyelamatkan dunia.

Totalnya, ada sebanyak 22 karakter di "Mortal Kombat 1". NetherRealm Studios juga menghadirkan karakter anyar dari serial televisi populer "The Boys", "Invicible", dan "Peacemaker".

Beralih ke gameplay, permainan ke-12 dari seri "Mortal Kombat" ini menghadirkan mekanisme baru bertajuk "Kameo Fighters". Dengan mekanisme ini, pemain bisa memanggil karakter pendukung (support) di tengah pertarungan, untuk melakukan serangan dan kombo.

Mortal Kombat 1 memperkenalkan mekanisme permainan baru bernama Kameo FightersSportskeeda Mortal Kombat 1 memperkenalkan mekanisme permainan baru bernama Kameo Fighters
Menariknya, karakter "Kameo" sifatnya terpisah dengan karakter yang bisa dimainkan. Secara keseluruhan, ada sebanyak 15 "Kameo Fighters" yang mencakup Goro, Cyrax, Sonya Blade, dan Motaro.

Selanjutnya, NetherRealm Studios memperkenalkan mode singleplayer baru bernama "Invasion Mode". Dalam mode ini, gamers bakal menelusuri peta (map) board game, seolah-olah sedang bermain "Mario Party" atau "Monopoly".

Sepanjang mode, pemain akan bertarung dengan berbagai musuh, menyelesaikan sejumlah minigame "Test Your Might", dan lain-lain.

Baca juga: RoboCop Sambangi Game Mortal Kombat 11

Dalam pertarungan, baik karakter pemain maupun musuh memiliki elemen sendiri ala game "Pokemon". Elemen ini akan berpengaruh terhadap jumlah damage yang dilakukan atau diterima.

Contoh elemen yang ada di "Mortal Kombat 1" adalah Acid, Blood, Chaos, Fire, dan Ice.

Nah, setelah memenangkan duel, pemain akan mendapatkan hadiah berupa kosmetik atau mata uang dalam game.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com