Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Driver Baru Nvidia Tingkatkan Kinerja GPU GeForce di Game Starfield

Kompas.com - 14/09/2023, 14:31 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PC Gamer

KOMPAS.com - Kartu grafis dengan GPU Nvidia diketahui agak "loyo" di game petualangan antariksa Starfield karena tertinggal cukup jauh dari lawannya, AMD Radeon, untuk model GPU yang setara.

Hal tersebut kemungkinan bakal sedikit berubah dengan dirilisnya driver terbaru untuk GPU Nvidia, yakni Game Ready Driver versi 537.34 WHQL, pada pekan ini. Nvidia menjanjikan peningkatan kinerja untuk GPU GeForce seri RTX 30 dan 40 di Starfield.

Kenaikan kinerja diperoleh dengan menerapkan profil untuk mengaktifkan Resizable BAR (Base Address Register), sehingga CPU bisa mengakses keseluruhan memori GPU untuk transfer aset game secara sekaligus tanpa harus dipecah menjadi beberapa bagian.

Baca juga: Ada Bug, Game Starfield Tidak Bisa Tampilkan Matahari dan Bintang

"Dalam pengujian kami, GPU GeForce GTX 40 mengalami kenaikan performa rara-rata sebesar 5 persen (di Starfield)," tulis Technical Marketer Nvidia Andrew Burnes dalam sebuah posting blog.

Tak dijelaskan berapa peningkatan yang dihasilkan driver baru itu di seri GPU GeForce RTX 30. Ada kemungkinan peningkatan kinerja juga berlaku untuk GPU seri lain dari Nvidia.

Situs Gamermatters, misalnya, mencatat kenaikan performa Starfield di laptop dengan GPU GeForce RTX 2060 yang dipasangi driver versi 537.34.

Selain Resizable Bar, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PC Gamer, Kamis (14/9/20230), driver 537.34 juga menambahkan Starfield ke daftar Optimal Settings di aplikasi GeForce Experience.

StarfieldSteam Starfield

Setting pun game bisa diatur secara otomatis berdasarkan spesifikasi komputer agar berjalan selancar mungkin. Game Armored Core VI, Immortals of Aveum, The Texas Chain Saw Massacre, dan Wayfinder ikut mendapatkan Optimal Settings.

Kinerja GPU Nvidia bisa dibilang tertinggal dari AMD Radeon di game Starfield. Misalnya dalam pengujian oleh TechSpot, GeForce RTX 4090 kalah kencang dari Radeon RX 7900 XTX. Padahal, di game lain, GPU Nvidia itu biasanya selalu nomor satu.

Baca juga: Game Starfield Dapat Review Positif, tapi Disebut Tidak Ramah Hardware

Begitupun GeForce RTX 3080 Nvidia yang di Starfield kalah jauh dari lawan setandingnya, Radeon RX 6800 XT, dengan selisih kinerja mencapai 20 persen.

"Keanehan" lain ditemukan oleh Digital Foundry, di mana mengaktifkan fitur hyperthreading di prosesor Intel justru menurunkan performa.

Starfield sendiri memang termasuk game kelas berat yang bisa membuat GPU high-end sekalipun bertekuk lutut. Namun, masih ada harapan peningkatan kinerja dari update game dan driver, seperti yang dilakukan Nvidia kali ini.

AMD yang merupakan sponsor Starfield pun melakukan hal serupa untuk driver GPU-nya. Di driver Adrenalin 23.8.2 terbaru, AMD menjanjikan peningkatan kinerja GPU Radeon hingga 16 persen di Starfield.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com