Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknisi Oppo Bongkar Reno 10 dan Pasang Lagi dalam 30-an Menit

Kompas.com - 21/09/2023, 19:45 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan jasa perbaikan Oppo Service Center mengeklaim durasi bongkar pasang HP hanya memerlukan waktu satu jam saja. Untuk menguji coba klaim tersebut, Oppo mengundang sejumlah awak media untuk melihat langsung proses perbaikan.

Kegiatan berlangsung di salah satu Oppo Service Center yang berlokasi di Ruko ITC Roxy Mas, Kamis (21/9/2023). Perangkat yang dipakai untuk simulasi adalah Reno 10 Pro Plus, varian tertinggi dari Reno 10 series yang sudah dirilis pada Agustus lalu.

Dengan memberi layanan servis reparasi kurang dari satu jam, Oppo ingin meningkatkan kenyamanan penggunanya. Jika ada konsumen yang mau memperbaiki ponsel/perangkat lain, tidak perlu menunggu terlalu lama.

Perusahaan juga memperhatikan aspek keamanan selama proses perbaikan perangkat. Setiap teknisi harus mengenakan baju statis dan gelang khusus. Baju dan gelang dipakai untuk membuang aliran listrik yang ada di tubuh manusia.

Baca juga: Pemilik Oppo Reno 10 Series Dapat Perlakuan Istimewa saat Servis Resmi

Pembuangan aliran listrik juga ditujukan agar komponen yang disentuh tidak terkontaminasi dengan aliran listrik apapun. Smartphone pun turut dimatikan untuk menghindari masalah konslet.

Layar Reno 10 Pro Plus yang dilapisi oleh plastik dan diletakkan di atas papan pemanas perangkat. Perangkat akan dipanaskan selama lima menit dengan suhu 80 derajat CelsiusKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Layar Reno 10 Pro Plus yang dilapisi oleh plastik dan diletakkan di atas papan pemanas perangkat. Perangkat akan dipanaskan selama lima menit dengan suhu 80 derajat Celsius

Beralih ke proses selanjutnya, layar Reno 10 Pro Plus harus dilapisi dengan plastik bening agar layar tidak tergesek/tergores benda tajam. Layar akan dipindah ke sebuat papan pemanas perangkat. Reno 10 Pro Plus akan diletakkan dengan posisi layar menghadap ke atas.

Pemanasan perangkat butuh waktu sekitar lima menit dengan suhu 80 derajat Celsius. Pemanasan perangkat dilakukan agar tim teknisi dipermudah saat membuka cangkang perangkat.

Setelah lima menit berlalu, pinggir bodi Reno 10 Pro Plus yang memiliki celah akan ditetesi cairan etanol.

Perangkat akan dipindah ke alat yang berfungsi memberi tekanan pada perangkat. Seperti gambar berikut ini.

Setelah dipanaskan, Reno 10 Pro Plus ditetesi cairan etanol. Kemudian, cangkang perangkat akan didongkrak menggunakan alat agar muncul celah. Celah akan dimanfaatkan untuk membuka perekat dari cangkang.KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Setelah dipanaskan, Reno 10 Pro Plus ditetesi cairan etanol. Kemudian, cangkang perangkat akan didongkrak menggunakan alat agar muncul celah. Celah akan dimanfaatkan untuk membuka perekat dari cangkang.

Sekrup di bagian samping akan diputar untuk mendongkrak cover penutup belakang ponsel sedikit demi sedikit. Jika muncul celah, teknisi akan membuka cangkang menggunakan disassemble card.

Alat bantu kartu yang digunakan harus elastis dan bertekstur halus. Supaya saat membuka perekat di cangkang, gesekannya tidak merusak ataupun menggores komponen-komponen lain. Proses membuka cangkang setidaknya memakan waktu 5-7 menit.

Komponen yang pertama kali dicopot adalah kompartemen kartu SIM. Setelah itu baut. Seluruh perekat yang masih menempel di komponen juga harus dicopot untuk mempermudah proses bongkar-pasang.

Komponen Reno 10 Pro Plus nantinya akan terbagi menjadi mesin atas (kamera, chipset), baterai, layar, dan komponen lainnya. Pantauan KompasTekno, baterai Reno 10 Pro Plus dibekali dua baterai berukuran sama besar. Keduanya berbentuk persegi panjang.

Komponen baterai yang sudah dilepas dari bodi Reno 10 Pro Plus. Masing-masing baterai memiliki kapasitas sekitar 2.400mAhKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Komponen baterai yang sudah dilepas dari bodi Reno 10 Pro Plus. Masing-masing baterai memiliki kapasitas sekitar 2.400mAh

Menurut penjelasan juru bicara Oppo Indonesia, Reno 10 Pro Plus memakai dua baterai agar dapat mempercepat arus listrik dan pengisian dayanya bisa maksimal. Kedua baterai masing-masing berkapasitas 2.400 mAH.

“Satu bagian itu sekitar 2.400 mAH. Gunanya untuk mempercepat arus listrik yang masuk. Karena Reno 10 Pro Plus mendukung pengisian (fast charging) 100 watt. Agar pengisian dayanya bisa cepat, makanya baterai dibagi menjadi dua bagian,” jelas juru bicara Oppo Indonesia, Kamis (21/9/2023).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com