Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Hands-on Reno Oppo Reno 10 5G Versi Resmi Indonesia

Kompas.com - 15/08/2023, 18:25 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah melewati masa pre-order, penjualan perdana seri ponsel Reno 10 terbaru dari Oppo dimulai hari ini, Selasa (15/8/2023) di Indonesia.

Jajaran Reno 10 terdiri dari tiga model, yakni Reno 10, Reno 10 Pro, dan Reno 10 Pro Plus. Dari ketiganya, Reno 10 merupakan model paling terjangkau dengan banderol Rp 6 juta.

Baca juga: Harga Oppo Reno 10 dan Spesifikasinya di Indonesia

Meski demikian, seperti yang ditemukan oleh KompasTekno, rangkaian aksesori dalam kemasan Reno 10 ternyata cukup lengkap. Unit ponselnya pun tampak meyakinkan dengan desain berbeda dari sebelumnya.

Unboxing Oppo Reno 10

Berbeda dari boks ponsel seri Reno sebelumnya yang selalu berwarna biru, kotak Reno 10 kali ini memiliki warna dasar putih. Di bagian belakangnya tertera keterangan spesifikasi singkat dan varian warna seperti biasa.

Ada sejumlah booklet panduan penggunaan di dalam folder karton di kemasan, berikut satu kelengkapan lain yang agak unik: Phone Hole Seal Stickers.

Booklet panduan penggunaan dan SIM card ejector tool Oppo Reno 10
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Booklet panduan penggunaan dan SIM card ejector tool Oppo Reno 10

Phone Hole Seal Stickers digunakan untuk menutup tombol serta konektor ponsel ketika memasang tempered glass dengan UV glue
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Phone Hole Seal Stickers digunakan untuk menutup tombol serta konektor ponsel ketika memasang tempered glass dengan UV glue

Ini merupakan selembar plastik stiker dengan cut-out yang bisa dilepas untuk ditempelkan menutupi tombol, konektor, serta celah lain di ponsel.

Gunanya adalah sebagai pelindung apabila pengguna ingin memakai screen protector tempered glass dengan UV glue, supaya lemnya tak merembes masuk ke ponsel.

Baca juga: 4 Fitur Serba Pertama di Oppo Reno 10 Series, Ada Kamera Periskop

Di luar itu, terdapat sejumlah kelengkapan lain yang lebih lazim, termasuk SIM card ejector dengan pola cut-out "smiley" khas Oppo, soft case transparan, serta charger dan kabel.

Soft case transparan di kemasan Oppo Reno 10KOMPAS.com/ OIK YUSUF Soft case transparan di kemasan Oppo Reno 10

Oppo menyertakan Charger SuperVOOC 67 watt dalam kemasan Reno 10, berikut kabel USB A ke USB C
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Oppo menyertakan Charger SuperVOOC 67 watt dalam kemasan Reno 10, berikut kabel USB A ke USB C

Charger yang disertakan mendukung pengisian cepat SuperVOOC 67 watt dengan konektor output USB A. Kabelnya merupakan tipe USB A ke USB C untuk koneksi dari charger ke ponsel.

Pertu dicatat bahwa Oppo menggunakan kabel USB khusus untuk SuperVOOC. Pengguna pun perlu memakai pasangan charger dan kabel bawaan untuk mengisi baterai dengan kecepatan tertinggi.

Rangkaian aksesori pelengkap Oppo Reno 10 di luar booklet panduanKOMPAS.com/ OIK YUSUF Rangkaian aksesori pelengkap Oppo Reno 10 di luar booklet panduan

Hands-on Oppo Reno 10

Selain kotak kemasan, penampilan Reno 10 pun berbeda dari pendahulunya, terutama di bagian belakang, di mana modul kamera sekarang berbentuk elips, bukan persegi panjang.

Punggung ponsel ini berbalut bahan kaca dengan finishing frosted sehingga terkesan halus, sedikit licin, sekaligus tak mudah ternoda sidik jari.

Varian warna Ice Blue di tangan KompasTekno akan berubah tampilan dan menampilkan aneka gradasi warna, tergantung dari sudut pandang, mirip pelangi.

Punggung Oppo Reno 10 terbuat dari kaca dengan finishing frosted sehingga terkesan halus. Untuk varian Ice Blue, warnanya tampak berubah-ubah dalam gradasi, tergantung sudut pandang
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Punggung Oppo Reno 10 terbuat dari kaca dengan finishing frosted sehingga terkesan halus. Untuk varian Ice Blue, warnanya tampak berubah-ubah dalam gradasi, tergantung sudut pandang

Layar Oppo Reno 10 berukuran 6,7 inci (2.412 x 1.080 pixel) dengan panel AMOLEDKOMPAS.com/ OIK YUSUF Layar Oppo Reno 10 berukuran 6,7 inci (2.412 x 1.080 pixel) dengan panel AMOLED

Frame plastik Oppo Reno 10 sangat mengilap. Dari sudut ini juga tampak pinggiran layar yang melengkung (curved)KOMPAS.com/ OIK YUSUF Frame plastik Oppo Reno 10 sangat mengilap. Dari sudut ini juga tampak pinggiran layar yang melengkung (curved)

Sisi frame di pinggirannya terbuat dari plastik glossy yang sangat mengilap sehingga memantulkan refleksi benda-benda di sekitar, termasuk KompasTekno ketika memotretnya.

Dalam genggaman, perangkat berbobot 185 gram ini terasa ringan. Bodinya yang memiliki ketebalan 8mm memberi kesan tipis. Namun, Reno 10 jauh dari kesan ringkih karena tubuhnya padat dan solid.

Baca juga: 5 Fitur Unggulan dan Spesifikasi Reno 10 Pro Plus

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com