Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

X Twitter Hapus Fitur Close Friend "Circle" Bulan Depan

Kompas.com - 23/09/2023, 10:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform X (dulu Twitter) mengumumkan akan menghapus fitur "Twitter Circle" mulai tanggal 31 Oktober 2023. Artinya, pengguna X tidak akan bisa membagikan posting dan menambahkan teman dekat baru ke Circle mulai akhir bulan depan.

Pengumuman penghapusan fitur Twitter Circle diumumkan lewat laman Help Twitter di tautan berikut ini.

Fitur Circle pertama kali dirilis pada Agustus 2022, ketika Elon Musk belum menjadi pemilik Twitter. Secara pengoperasian, Twitter Circle bisa dikatakan mirip dengan fitur Close Friend di Instagram.

Sebelum bisa mengirim Tweet secara terbatas, pengguna perlu menambahkan dulu beberapa orang, follower, atau teman ke Twitter Circle. Ketika memilih opsi Circle, pengguna bisa berinteraksi atau mengirim Tweet hanya ke orang-orang terpilih tertentu yang dirasa dekat.

Baca juga: Apa Itu Twitter Circle? Mirip dengan Fitur Close Friend di Instagram

Pengguna diberi kebebasan untuk memilih siapa saja yang bisa melihat dan membalas unggahan Tweet darinya melalui Twitter Circle. Pengguna setidaknya bisa memilih hingga 150 orang untuk masuk dalam Twitter Circle.

Ilustrasi fitur baru Twitter Circle.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi fitur baru Twitter Circle.
Posting yang dikirim ke Circle akan mencantumkan pemberitahuan hijau yang ditampilkan di bawahnya. Saat pengguna memilih untuk mengirim tweet atau posting ke Circle Anda, hanya anggota grup tersebut yang dapat melihat kiriman tersebut dan berinteraksi dengannya.

Jika seseorang berinteraksi dengan tweet Circle Twitter, hanya anggota Circle Anda yang lain yang dapat melihat interaksi tersebut. Anggota Circle Anda tidak dapat me-retweet tweet Lingkaran Anda ke pengikut mereka atau Lingkaran mereka sendiri.

Setelah lebih dari satu tahun hadir, fitur Circle akan dihapus dari platform. X tidak mengungkap alasan dibalik penghapusan fitur ini.

Baca juga: Cara Kirim Tweet dan Menambahkan Teman ke Twitter Circle dengan Mudah

Belakangan, X/Twitter memperkaya fitur Komunitas Twitter. Bentuk dari fitur ini bisa dikatakan hampir mirip seperti grup Facebook. Namun, pengguna perlu bergabung dulu ke komunitas melalui undangan yang dibagikan oleh pengguna lain.

Speskulasi yang beredar menyebutkan, perusahaan microblogging milik Elon Musk ini kemungkinan menilai fitur Circle dan Komunitas tersebut terlalu mirip untuk dipertahankan keduanya.

Jadi, X memilih menghapus fitur Twitter Circle, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Sabtu (23/9/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com