Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkali-kali Ganti Hari Jadi, Kapan Ulang Tahun Google yang Sebenarnya?

Kompas.com - 27/09/2023, 13:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber News 18

KOMPAS.com - Google merayakan hari ulang tahunnya yang ke-25 hari ini, Rabu (27/9/2023). Hari jadi itu turut dirayakan dalam tampilan doodle Google di laman utama mesin pencarian.

Akan tetapi, 27 September bukan satu-satunya tanggal yang dikenal sebagai hari jadi Google. Perusahaan mesin pencarian raksasa itu sempat beberapa kali gonta-ganti hari jadi.

Apabila menelusuri arsip doodle Google, disebutkan bahwa tanggal 27 September adalah ulang tahun Google.

"Pada tanggal 27 September 1998, Google Inc resmi lahir," demikian keterangan Google di laman arsip doodle hari ini.

Namun, bila ditelusuri berdasarkan sejarah berdirinya, Google resmi berdiri sebagai sebuah perusahaan per 4 Setember 1998, menurut laman Wikipedia.

Di hari jadinya yang ke-5 atau pada tahun 2003, Google pernah merayakan ulang tahunnya pada tanggal yang berbeda, yaitu 8 September.

Tahun 2004 atau ketika perusahaan menginjak usia ke-6, perayaannya berganti lagi, yakni diselenggarakan tanggal 7 September. Setahun kemudian, tanggal perayaan ulang tahun Google berubah lagi menjadi 26 September.

Lantas, kapan ulang tahun Google yang sebenarnya?

Baca juga: Google Rayakan Ulang Tahun Ke-25, Ini Sejarah Berdirinya

Kapan ulang tahun Google sebenarnya?

Google Doodle hari ini (27/9) rayakan hari ulang tahun Google ke-25Kompas.com/Lely Maulida Google Doodle hari ini (27/9) rayakan hari ulang tahun Google ke-25

Dirangkum dari News18, awalnya Google merayakan hari jadinya setiap tanggal 7 September. Tanggal itu juga disebut Google sebagai tanggal pendirian perusahaan.

Beberapa tahun kemudian, Google berkata bahwa mereka mengajukan peresmian perusahaan per tanggal 4 September. Tanggal ini lah yang hingga kini dikenal orang-orang sebagai hari jadi Google.

Namun sejak tahun 2006 atau ketika Google berusia delapan tahun, perayaannya digelar 27 September. Tanggal ini dipilih agar perusahaan bisa sekaligus mengumumkan pencapaian jumlah halaman yang berhasil diindeks oleh mesin pencarian miliknya saat itu.

Hingga tahun 2023 ini, tanggal itu juga masih dipakai Google untuk merayakan hari ulang tahunnya.

Seperti disampaikan sebelumnya, untuk merayakan ulang tahun ke-25 Google hari ini, perusahaan memajang doodle warna-warni dengan angka 25 di tengahnya, menggantikan dua huruf "O" di rangkaian kata Google. Jadi, teks di animasi doodle Google hari ini adalah "G25gle".

Saat doodle itu diklik, layar desktop atau smartphone akan dipenuhi konfeti atau potongan kertas warna-warni.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com