Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meta AI Diumumkan, Chatbot Facebook Pesaing ChatGPT

Kompas.com - 29/09/2023, 10:01 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Induk Facebook dan Instagram, Meta memperkenalkan chatbot perusahaan yang disebut Meta AI, yang kini tersedia lewat aplikasi WhatsApp, Messenger, dan Instagram.

Dengan begitu, akses ke Meta AI bakal lebih mudah karena tanpa perlu instal aplikasi terpisah sebagaimana ChatGPT.

Layanan berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif itu diumumkan Meta dalam konferensi tahunan perusahaan, Connect 2023.

Seperti chatbot milik OpenAI, ChatGPT, Meta AI juga menawarkan percakapan yang canggih. Namun, berkat kerja sama Meta dengan Microsoft Bing, Meta AI bisa menampilkan hasil web yang real-time.

Meta AI juga bisa menghasilkan gambar yang realistis tanpa perlu aplikasi lain. Kemampuan ini dihasilkan berkat inovasi yang mirip dengan DALL-E, teknologi bikinan OpenAI yang bisa menghasilkan gambar lewat ChatGPT.

Baca juga: Meta Perkenalkan Code Llama, AI Khusus untuk Coding

Secara teknis, Meta tak begitu menjelaskan bagaimana perusahaan melatih chatbot AI buatannya.

Wakil Presiden AI generatif Meta, Ahmad Al-Dahle hanya memberikan gambaran bahwa pihaknya memakai model bahasa besar yang "dibuat khusus" dan didasarkan pada Llama 2.

Ilustrasi Meta AI, chatbot Meta pesaing ChatGPTMeta Ilustrasi Meta AI, chatbot Meta pesaing ChatGPT

Perusahaan juga menegaskan, tidak memanfaatkan konten di Instagram dan Facebook untuk melatih model bahasa besarnya itu.

Salah satu penggunaan Meta AI yang dicontohkan Meta yaitu bahwa chatbot-nya bisa membantu menampilkan opsi jalan yang bisa diambil ketika pengguna sedang mendiskusikan "jalan setapak mana yang semestinya dicoba di Santa Cruz".

Dengan perintah itu, Meta AI akan menampilkan opsi jalan secara langsung dalam obrolan. Dengan begitu, pengguna bisa memutuskan bersama jalan mana yang akan diambil, dihimpun KompasTekno dari situs About FB, Jumat (29/9/2023).

Baca juga: Urgensi UU AI bagi Indonesia dan Pasal-pasal yang Perlu Diatur

Namun Meta belum merinci bagaimana mekanisme chatbot itu hadir di WhatsApp, Instagram hingga Messenger. Yang jelas, chatbot ini baru hadir dalam versi beta untuk pengguna di Amerika Serikat (AS).

Ke depannya, Meta menyebutkan bahwa chatbot buatannya juga akan tersedia di kacamata pintar Ray-Ban Meta serta Quest 3.

Rilis stiker AI

Dalam kesempatan yang sama, Meta juga meluncurkan stiker berbasis AI di sejumlah aplikasi media sosialnya. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat stiker khusus yang bisa dipakai dalam obrolan.

"Alat AI kami mengubah perintah teks Anda menjadi beberapa stiker unik dan berkualitas tinggi dalam hitungan detik," kata Meta melalui situsnya.

Stiker berbasis AI ini akan diluncurkan ke sejumlah pengguna, khususnya pengguna berbahasa Inggris bulan depan di WhatsApp, Messenger, Instagram serta Facebook Stories.

Ilustrasi stiker AI buatan MetaMeta Ilustrasi stiker AI buatan Meta

Fitur serba AI lainnya yaitu edit gambar dengan AI. Fitur ini memungkinkan pengguna mengedit foto atau membuat foto bersama teman di Instagram. Beberapa fitur yang didukung yaitu Restyle dan Backdrop.

Restyle memungkinkan pengguna menata ulang gambar dengan menambahkan efek visual. Adapun Backdrop memungkinkan pengguna mengubah latar belakang gambar.

Pengguna bisa menuliskan perintah "tempatkan saya di depan aurora", sehingga AI Meta akan membuat foto dengan subjek utama dari gambar terkait dan latar belakang aurora seperti perintah yang diberikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com