Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Counter-Strike 2" Dirilis, Apa Bedanya dengan "CS:GO"?

Kompas.com - 02/10/2023, 19:06 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game Counter-Strike 2 resmi meluncur pada pekan lalu. Permainan ini sudah dapat dimainkan secara gratis lewat platform distribusi game milik Valve, Steam.

Counter-Strike 2 dirilis sebagai pembaruan (update) dari Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO). Sebagai versi baru atau penerus dari CS:GO, Counter-Strike 2 membawa sederet fitur dan peningkatan baru.

Lantas, apa saja perbedaan dan fitur baru yang di Counter-Strike 2? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Game engine baru

Counter-Strike 2Steam Counter-Strike 2
Selama lebih dari sebelas tahun terakhir, CS:GO digarap menggunakan mesin game Source generasi pertama. Kini, permainan FPS anyar ini mengandalkan game engine Valve yang lebih mutakhir, yakni Source 2.

Untuk diketahui, Source 2 juga digunakan untuk pengembangan game Dota 2 (sejak September 2015), Artifact, Dota Underlords, dan Half-Life: Alyx.

Dengan Source 2, Valve menghadirkan peningkatan visual di Counter-Strike 2 khususnya untuk pencahayaan dan detail setiap objek di game.

Efek visual seperti percikan darah, efek air, ledakan, dan api menjadi lebih realistis, sedangkan tampilan antarmuka (UI) Counter-Strike 2 dikemas dengan visual yang lebih modern dan minimalis.

Source 2 juga menghadirkan sejumlah peralatan baru untuk komunitas pembuat peta (map), sehingga mereka bisa membuat peta baru di Counter-Strike 2 dengan lebih mudah.

2. Perombakan peta

Peta Dust II di Counter-Strike 2 termasuk Touchstone Maps, karena hanya membawa peningkatan pencahayaan saja.Valve Peta Dust II di Counter-Strike 2 termasuk Touchstone Maps, karena hanya membawa peningkatan pencahayaan saja.
Peningkatan visual Counter-Strike 2 berdampak pula pada bagian peta, yang dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Touchstone Maps, Upgrade Maps, dan Overhaul Maps.

Pada dasarnya, Touchstone Maps merupakan peta Counter-Strike ikonik yang tidak banyak mendapatkan perubahan, kecuali peningkatan pencahayaan, contohnya peta Dust II, Mirage, dan Vertigo.

Di sisi lain, Upgrade Maps memanfaatkan mesin Source 2, untuk menghadirkan objek, pencahayaan, dan refleksi cahaya yang lebih realistis, misalnya peta Nuke dan Ancient.

Kemudian, Overhaul Maps adalah peta yang dibuat ulang (remake) dengan menggunakan Source 2, seperti peta Overpass, Inferno, dan Italy.

Baca juga: Game Sepak Bola EA Sports FC 24 Meluncur, Ini Harganya di Indonesia

Peta Inferno di Counter-Strike 2 termasuk Overhaul Maps, karena menghadirkan perubahan yang signifikan, kecuali untuk aspek tata letak (layout)KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Peta Inferno di Counter-Strike 2 termasuk Overhaul Maps, karena menghadirkan perubahan yang signifikan, kecuali untuk aspek tata letak (layout)
Karena dibuat ulang, peta ini bisa saja memiliki perubahan desain lingkungan atau bangunan yang signifikan, tetapi dengan mempertahankan tata letaknya (layout). Jadi, lokasi dalam peta seperti bombsite A, B, jalur mid, dan lain sebagainya masih sama.

Selengkapnya, berikut ini daftar peta di "CS2":

  • Ancient
  • Anubis
  • Inferno
  • Mirage
  • Nuke
  • Overpass
  • Vertigo
  • Dust II
  • Office
  • Italy

3. Jumlah mode lebih sedikit

Counter-Strike 2 membawa lima mode yang bisa dimainkan, yakni Premier, Competitive, Wingman, Casual, dan Deathmatch.

Setiap mode ini sebelumnya juga dapat dinikmati di CS:GO. Bedanya, CS:GO juga memiliki mode lainnya seperti Arms Race, Flying Scoutsman, Demolition, dan mode battle royale Danger Zone.

Valve tidak menjelaskan mengapa sejumlah mode arcade ini tidak hadir di CS2. Namun, ada kemungkinan hal ini disebabkan karena Valve belum siap menggelontorkan mode tersebut.

Sebab, laman Steam CS2 menunjukkan peta Baggage versi terbaru, yang mengindikasikan bahwa mode Arms Race bakal bisa dimainkan di CS2. Baggage itu sendiri adalah peta eksklusif untuk mode "Arms Race".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com