Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

X Twitter Makin Ditinggal Pengguna sejak Dipimpin Elon Musk

Kompas.com - 03/10/2023, 07:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Jumlah pengguna aktif harian/daily active users (DAU) Twitter yang kini berubah nama menjadi X, dilaporkan menurun, sejak dibeli Elon Musk akhir Oktober 2022. Hal itu diumbar secara tidak langsung oleh CEO X, Linda Yaccarino.

Dalam sebuah wawancara di acara "Code 2023" yang dihelat Vox Media, mulanya, Yaccarino mengungkap bahwa X kini memiliki 225 juta pengguna aktif harian. Namun, tak lama Yaccarino merevisi ucapannya.

Dia mengatakan bahwa jumlah pengguna aktif harian X saat ini adalah 245 juta. Kendati sudah direvisi, jumlah tersebut tetap lebih rendah sekitar 3,7 persen dari sebelum dibeli Elon Musk.

Baca juga: X Twitter Hapus Fitur Close Friend Circle Bulan Depan

Sebagai perbandingan, sekitar sepekan sebelum resmi diakuisisi Musk (grafik tanggal 23 Oktober), jumlah pengguna aktif harian Twitter mencapai 254,5 juta. Data itu diumbar langsung oleh Elon Musk sendiri lewat posting di akun resminya.

Data pengguna aktif harian Twitter pada kuartal III dan kuartal IV-2022Twitter/Elon Musk Data pengguna aktif harian Twitter pada kuartal III dan kuartal IV-2022
Berdasarkan grafik yang dibgikan Musk, sebetulnya jumlah pengguna aktif harian kian naik, hingga akhir November 2022, atau sebulan kepemimpinan Musk. Pada bulan November akhir (grafik tanggal 20 November), jumlah pengguna aktif harian Twitter mencapai 259,4 juta.

Apabila dibandingkan dengan data terbaru yang diumbar Yaccarino, penurunannya mencapai 5,6 persen atau hampir 15 juta pengguna.

Penurunan jumlah pengguna aktif harian X juga sempat dilaporkan perusahaan riset aplikasi Apptopia pada Agustus 2023. Laporan ini menyebut, jumlah pengguna aktif harian Twitter menurun sejak rebranding (perubahan nama merek) dari Twitter menjadi X.

Perusahaan riset aplikasi, Apptopia menemukan pengguna aktif harian Twitter di Amerika Serikat (AS) turun sejak di-rebranding oleh Elon MuskApptopia Perusahaan riset aplikasi, Apptopia menemukan pengguna aktif harian Twitter di Amerika Serikat (AS) turun sejak di-rebranding oleh Elon Musk
Menurut Apptopia, X kehilangan nyaris 238.000 pengguna aktif harian di Amerika Serikat (AS) dalam kurun waktu 40 hari.

Baca juga: Jumlah Pengguna Twitter Turun Setelah Ganti Nama Jadi X

Selain pengguna aktif harian, Yaccarino juga sesumbar bahwa kini X memiliki 550 juta pengguna aktif bulanan/monthly active users (MAU). Jumlah ini naik tipis dibanding grafik yang diunggah Elon Musk bulan Juli lalu, di mana jumlah pengguna aktif bulanan X saat itu mencapai 541 juta.

Ilustrasi Linda Yaccarino, CEO Twitter baru pengganti Elon Musk Ilustrasi Linda Yaccarino, CEO Twitter baru pengganti Elon Musk

Sayangnya, cukup sulit membandingkan seberapa besar pertumbuhan jumlah pengguna aktif bulanan X yang terjadi sebelum dan sesudah dibeli Elon Musk. Sebab, sejak tahun 2019 lalu, X yang masih menggunakan nama Twitter, tidak lagi melaporkan jumlah pengguna aktif bulanan, dan hanya mengumbar jumlah pengguna aktif harian saja.

Adapun laporan publik terakhir yang diumumkan, jumlah pengguna aktif bulanan Twitter pada tahun 2019 awal mencapai 321 juta pengguna.

Ketika ditanya soal jumlah pengguna aktif bulanan X, Yaccarino disebut tampak ingin mengelak, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SEA Mashable, Selasa (3/10/2023).

Ia lantas mengalihkan topik soal fitur Communities yang kini diklaim sudah mencapai 50.000 komunitas. Fitur ini kurang lebih mirip dengan Grup Facebook.

Yaccarino juga mengeklaim bahwa engagement dan total waktu akses di fitur Communities terus meningkat sejak Juni, tanpa merinci lebih lanjut peningkatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com