Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Mirip X Twitter, Threads Instagram Kini Bisa Cari Kiriman dengan "Keyword"

Kompas.com - 09/09/2023, 12:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Engadget

KOMPAS.com - Platform mikroblog buatan Instagram, Threads, kini semakin mirip dengan X (sebelumnya bernama Twitter). Sebab, Threads baru saja menambah fitur baru, yang memungkinkan pengguna mencari topik atau posting menggunakan kata kunci (keyword).

Fitur ini persis seperti "search" yang ada di X, di mana pengguna bisa mencari topik, kiriman, tagar (hashtag), atau akun lewat kolom pencarian.

Fitur baru ini diumumkan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg (Zuck) dalam sebuah posting Threads lewat handle @zuck. Melalui posting tersebut, Zuck mengatakan bahwa fitur ini baru bisa dijajal di beberapa negara saja. 

"Fitur Search di Threads untuk saat ini akan digelontorkan secara bertahap ke beberapa negara yang memiliki bahasa utama bahasa Inggris dan Spanyol," kata Zuck, membalas postingan uji coba fitur pencarian berdasarkan keyword untuk pertama kalinya di Australia dan Selandia Baru sekitar minggu lalu. 

Baca juga: Threads Versi Web Resmi Dirilis, Pengguna di Indonesia Sudah Bisa Coba

Fitur pencarian berdasarkan keyword di Search Threads.Threads Fitur pencarian berdasarkan keyword di Search Threads.

Selain mirip dengan X, fitur ini juga membuat Threads akan mirip seperti sejumlah "saudaranya" yang sudah memiliki serupa lebih dulu, macam Instagram dan Facebook. 

Di dua media sosial tersebut, pengguna bisa memasukkan kata kunci di fitur kolom pencarian untuk mencari berbagai postingan, akun, dan hal lainnya yang berkaitan dengan kata kunci yang dimasukkan. 

Saat ini, aplikasi Threads sebenarnya sudah memiliki fitur Search. Namun, fitur ini hanya sekadar untuk mencari pengguna yang aktif di Threads saja, tidak bisa mencari postingan atau komunitas dan hal lainnya di Threads. 

Baca juga: Instagram Bikin Threads Versi Web, Begini Tampilannya

Zuck tidak menyebut kapan negara-negara lain, seperti Indonesia, kebagian fitur baru Search di Threads ini.

Namun yang jelas, fitur ini dijanjikan akan meluncur di beberapa negara lainnya, di luar negara berbahasa Inggris dan Spanyol tadi, dalam beberapa waktu ke depan.

Ketika dirilis secara resmi, fitur ini nantinya bisa dinikmati di aplikasi Threads versi smartphone (Android dan iOS) dan versi web, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Sabtu (9/9/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com